PT. Hampton Muda Berkarya Jalin Kerjasama dengan Petani di Bolmong, Bupati Yasti: Suport Hasil Perkebunan dan Pertanian Go Internasional

BOGANINEWS, BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra.Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow mensuport hasil perkebunan dan pertanian di Bolmong go internasional.

“Pemerintah daerah terus membuka ruang investasi masuk di wilayahnya sehingga peluang pasar terbuka untuk masyarakat Bolaang mongondow dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat,” ujar Yasti.

Terbukti, demi membuka pasar dengan peluang dari sumber daya alam sampai sumber daya manusianya dan mendorong di Bolmong, PT. Hampton Muda Bekarya bekerja sama dengan petani setempat untuk mengembangkan potensi sereh wangi di wilayah tersebut.

“Sejalan dengan visi kami untuk bekerja sama dengan petani Indonesia untuk memperluas pasar hasil tani Indonesia dengan mengoptimalkan hasil tani lokal yang dapat memenuhi standar Internasional,” ujar Anggit Nasuiton, dari PT PT. Hampton Muda Bekarya.

Menurut dia, tanaman sereh wangi merupakan salah satu tanaman penghasil minyak atsiri terpenting di Indonesia. Selain masalah teknis budidaya merupakan faktor penentu keberhasilan pertanian, faktor lingkungan juga menentukan kelangsungan usaha budidaya serai wangi.

“Untuk itu, PT. Hampton Muda Berkarya melihat potensi geografi, topografi dan iklim Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara sangat cocok untuk menanam sereh wangi, yang nantinya akan diolah menjadi minyak atsiri dan didistribusikan ke perusahaan-perusahaan besar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negri,” katanya.

Sementara itu, untuk bisnis minyak atsiri sereh wangi di Indonesia menghadapi masalah besar seperti kualitas produk yang bervariasi dan harga yang fluktuatif.

“Permasalahan terkait berasal dari sumber bahan baku, respon petani, proses produksi dan teknologi proses produksi mempengaruhi kualitas produksi minyak atsiri sereh wangi di Indonesia kalah bersaing dengan minyak sereh wangi dari Sri Lanka,” terngnya.

Oleh karena itu kata dia, kami akan menerapkan teknologi dan pembelajaran yang dapat meningkatkan produktivitas sereh wangi dan juga kualitas minyak atsiri serai wangi Bolaang Mongondoow untuk menjadi hasil tani unggulan dan andalan dari Bolaang Mongondow. (*)

Komentar