oleh

Pemkab Boltim Gelar Kegiatan Penanggulangan Stunting

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus melakukan upaya penanggulangan stunting lewat aksi konvergensi ke- I, dengan melibatkan lintas sektor, bertempat di Hotel Quality Manado, sejak tanggal 10 sampai 12 Maret 2022.

Kegiatan yang diprakasai Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Boltim tersebut, dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) DR. Ir. Sonny Warokka, didampingi Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan MR Alung.

Ada pun tema yang dibahas dalam konvergensi kesatu tersebut terkait pelaksanaan analisis situasi dan pemetaan program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Boltim.

Kepala Dinkes Boltim melalui Sekretaris Dinas, Helmi Lasama S.Kep, mengatakan, kegiatan ini untuk mengetahui sebaran 64 cakupan layanan berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 72 Tahun 2021.

“Dalam hasil aksi pertama ini juga berdasarkan dengan hasil analisis data maka ada 26 desa yang ditetapkan sebagai lokasi fokus (Lokus),” terang Helmi.

Sementara itu, Sekda Sonny Warokka saat membacakan sambutan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kegiatan aksi konvergensi ini sangat penting untuk mempercepat penurunan stunting di Boltim,” ujar Sekda.

Sekda mengungkapkan, analisis situasi program penurunan stunting bertujuan sebagai proses untuk mengidentifikasi sebaran jumlah stunting, prevalensi stunting, dan presentase jumlah keluarga yang berisiko stunting.

“Saya berharap, lewat kegiatan ini dapat menghasilkan sesuatu yang dapat kita gunakan untuk penanganan stunting di Boltim,” harapnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber dari Tenaga Ahli Dirjen Bina Bangda Kemendagri Regional 5, Sam Patoro Larobu, SH, MH.

 

(*Redaksi)

Komentar