oleh

Pemkab Bolsel Gelar Musrenbang RKPD 2023 

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa (8/3/2022) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolsel Tahun 2023.
Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Kompleks Perkantoran Panango tersebut, di buka langsung Wakil Bupati (Wabup) Bolsel Deddy Abdul Hamid, serta dihadiri secara Zoom oleh Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, juga anggota DPR-RI Komisi V Hi. Herson Mayulu.
Dalam sambutannya, Wabub menjelaskan RKPD atau disebut juga rencana pembangunan tahunan daerah merupakan penjabaran dari dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021 sampai dengan tahun 2026.
“RKPD tahun 2023 disusun berdasarkan orientasi proses melalui pendekatan partisipatif, demokratis, integratif, politis serta top down dan bottun up. s
Selain pendekatan tersebut, penyusunan RKPD tahun 2023 juga dilaksanakan holistik, serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan manipolow program dengan cara memastikan hanya program yang menjadi periotas benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan didasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah,” terang Wabup.
Wabup mengatakan, hal ini sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017 Pasal 95 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.
“Juga menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja, serta lokasi dan penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan deerah kabupaten/kota dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan,” paparnya
Diingatkannya, kepada seluruh perangkat daerah, agar lebih serius dan benar-benar mencurahkan pikiran dan tenaga dalam menyusun program yang benar-benar dan berdampak positif terhadap pembangunan daerah. “Untuk para Sangadi selaku penanggung jawab di desa, berupaya sebaik mungkin bagaimana membangun desa sendiri,” pintanya.
Sementara itu, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru melalui via Zoom menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada Herson Mayulu, yang selama ini telah menopang berbagai usulan dan aspirasi masyarakat. “Semoga bapak Herson Mayulu tetap diberi kekuatan serta kesehatan,” ucapnya.
Bupati juga mengingatkan, kepada seluruh Sangadi untuk bersama-sama membangun Bolsel, juga terima kasih kepada DPRD atas pokok pikiran yang telah disampaikan.
Komisi V DPR-RI Hi. Herson Mayulu (H2M) juga melalui Via Zoom menyampaikan, setiap SKPD dapat mengukur capaian yang telah dicapai saat ini sebagai tolak ukur untuk melangkah kedepan, apa-apa yang harus diperbaiki. “Diingatkan kepada kepala SKPD gunakan Musrenbang RKPD ini untuk mengevaluasi sejauh mana hasil Musrenbang Desa, Kecamatan yang sudah  terakomodir di APBD tahun pertahun,” pinta H2M.
H2M uga mengingatka,  kepala SKPD mulai mengevaluasi berapa persen usulan yang disampaikan kepada pemerintah provinsi, agar punya pendampingan. “Jangan sampai rakyat menggugat setiap tahun diusulkan tapi realisasi tidak ada. Ini penting agar kepercayaan rakyat kepada pemerintah itu ada,” kata H2M. (Holan)

Komentar