Lantik Penjabat Sangadi Moyongkota, Ini Penegasan Bupati Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Selasa (1/3/2022) melantik Heny Eva Mamonto, sebagai penjabat Sangadi (Pj) Desa Moyongkota Kecamatan Modayag Barat, bertempat di Balai Desa setempat.
Pengambilan sumpah dan pelantikan Pj Sangadi ini dilakukan untuk mengisi kekosongan Sangadi di desa tersebut.
Dalam sambutannya, Bupati berpesan agar Pj Sangadi yang baru dilantik, secepatnya melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran Pemerintahan Desa, guna membahas tentang progres serta program pembangunan di desa.
“Saya berharap kepada Sangadi yang baru dilantik, agar dapat menjalankan tugas dan amanah sebaik-baiknya, serta selalu berkoordinasi dengan aparat desa maupun Pemerintah Kecamatan, demi kelancaran program kegiatan yang ada di desa,” harap Bupati.
Lanjutnya, Sangadi memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, selaku kuasa pengguna anggaran pengelolaan Dana Desa. Sehingga Sangadi harus mampu mengelola Dana Desa dengan baik berdasarkan aturan dan peruntukannya.
“Sudah ada beberapa Sangadi yang dicopot dari jabatannya karena bermasalah dalam pengelolaan Dana Desa. Bahkan, sudah ada yang masuk penjara,” tegas Bupati.
Dijelaskannya, terkait pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di Boltim, masih menunggu perkembangan ke depan. Sebab, untuk tahun ini Boltim belum bisa menyelenggarakan Pilsang, dikarenakan anjuran dari Pemerintah Pusat untuk melakukan refocusing anggaran di masa pandemi Covid-19.
Sedangkan, pelaksanaan Pilsang serentak kata Bupati, membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yakni hitungan terendah bisa mencapai angka 6 Milyar.
“Jadi kita tunggu saja, semoga tahun 2023 sudah tidak ada lagi instruksi Pemerintah Pusat untuk melakukan refocusing di Daerah. Dengan begitu, kita akan lebih leluasa mengatur pos-pos anggaran termasuk anggaran penyelenggaraan Pilsang serentak,” jelas Bupati.
Diketahui, turut hadir pada acara pelantikan Pj sangadi tersebut diantaranya, mantan Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit yang saat ini menjadi staf khusus Bupati, Asisten I, Kepala DPMPD, Kadis Kominfo, Kadis Sosial, Kaban Kesbang, dan Camat Modayag Barat. (Agung)

Komentar