oleh

Empat Parpol di DPRD Boltim, Hengkang dari Fraksi Nato

BOLTIM, DPRD – Tensi politik di internal DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), beberapa waktu lalu sempat tegang.

Pasalnya, sejumlah Anggota Legislative (Aleg) telah merencanakan pembentukan fraksi baru yang diberi nama NATO (Nasional Totabuan).

Namun fraksi yang baru dalam tahap pengusulan itu sudah kandas di tengah jalan.

Sebab, empat parpol yang mengusulkan masing-masing Gerinda, PBB, Perindo dan PKS, telah hengkang dari koalisi fraksi yang di gagas oleh Argo Sumaiku dari partai Demokrat.

Hal ini terungkap pada paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun 2021, yang digelar Selasa (28/3/2022) di ruang paripurna DPRD Bolsel.

Dimana anggota DPRD dari Partai Bulan Bintang (PBB) Dahlan Saniman, membacakan kesepakatan bahwa tiga partai hengkang dari fraksi Nato.

Tiga partai ini masing-masing PBB, Gerindra dan Perindo.

Sedangkan PKS menyatakan keluar dari fraksi tersebut, setelah anggotanya Sutanti Ginoga, menyatakan ikut keluar.

Sementara itu Argo Sumaiku tetap ngotot agar Fraksi ini diakui karena pengusulannya sudah lewat paripurna.

Namun akhirnya Argo pun tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa merelakan teman-temannya meninggalkannya.

“Saya merasa di tinggalkan oleh teman-teman yang tidak komitmen. Padahal kemarin kami sudah sama-sama keluar dari fraksi awal. Tapi saya tetap berterima kasih kepada teman-teman yang telah meninggalkan saya,” kata Argo, dengan nada kecewa.

Sementara itu, salah satu pengamat politik Boltim, Nelson Ochotan mengatakan, pembentukan fraksi Nasdem sejak awal tidak begitu matang, mungkin teman – teman dari partai lain sadar bahwa ada tujuan lain dalam pembentukan fraksi tersebut, sehingga akhirnya mereka memilih keluar.

“Ini ibaratnya layu sebelum berkembang. Dan mungkin dalam pendistribusian AKD mereka tidak akan mendapatkan apa-apa. Artinya, mereka yang tetap bertahan di fraksi ini akan zonk tanpa AKD,” jelasnya.

Diketahui, Fraksi Nato yang terbentuk dan di prakarsai oleh anggota DPRD asal Demokrat yakni Argo Sumaiku, sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial.

Dalam postingannya menyatakan bahwa Fraksi Nato terbentuk dan di inisiasi enam Parpol dan Argo Sumaiku sebagai ketua.

Postingan ini pun disertai dengan foto beberapa anggota DPRD Boltim.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar

BERITA LAINNYA