oleh

Dispar Bolsel Jalin Kerjasama dengan Gorontalo, Genjot Pariwisata

BOGANINEWS, BOLSEL Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalui Dinas Parawisata (Dispar) terus menggenjot sektor pariwisata.

Komitmen Dispar Bolsel untuk satu per satu mulai terealisasi. Hal ini dibuktikan dengan berbagai macam inovasi dan kreatifitas dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sukses dilaksanakan.

Tahun ini Dinas Pariwisata Bolsel kembali melakukan terobosan out of the box lainnya.

Berdasar pada kenyataan yang beranggapan belum optimalnya berbagai atraksi objek daya tarik wisata di BMR oleh beberapa pihak, membuat Dinas Pariwisata Bolsel mengambil langkah bijak dengan menggandenh Provinsi Gorontalo untuk bersinergi.

“Bukan tanpa alasan, label ‘belum layak jual’ membuat event-event di BMR tak pernah masuk dalam kalender event Provinsi dan Nasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bolsel, Wahyudin Kadullah.

Lanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan secara concern dan berkesinambungan menjalin kerjasama serta kordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan juga Kabupaten Bone Bolango.

Selain itu kata dia, dengan adanya Mutual Culture Essential dan juga Aksesibilitas yang sangat mendukung, membuat Pemkab Bolsel yakin, sinergitas ini akan banyak menguntungkan semua pihak dari segi kepariwisataan.

Tak hanya itu kata dia, indeks korelasi lain yang tak kalah pentingnya yakni pengembangan kawasan wisata Teluk Tomini, membuat gorontalo kerap membantu bolsel dari segi promosi pariwisata.

“Ini juga dikarenakan adanya interkoneksi khususnya wisata bawah laut yang keduanya berada di kawasan teluk tomini,” jelasnya.

Wahyudin juga mengatakan, bahwa Dispar Bolsel mengakui keunggulan pariwisata Provinsi Gorontalo, mulai dari konsep promosi hingga sarana dan prasarana penunjangnya, juga dari sektor Diving, Gorontalo sudah memiliki kapal pesiar yang kerap digunakan berwisata LOB (Living On Board) bersama driver-driver nasional dan internasional.

“Rutenya bahkan selalu melewati perairan Bolsel, dan menempatkan laut Bolsel dalam itinerary diving mereka. Hal ini membuat Dispar Bolsel semakin yakin akan rencana kerjasama ini, karena banyak faktor pendukung. Pertama kesamaan budaya, aksebilitas jalur darat yang mendukung, hingga rencana kerjasama pengembangan kawasan Wisata Perairan Teluk Tomini. Semua faktor itu mantap membuat torang untuk segera bersinergi dengan Provinsi Gorontalo,” tuturnya.

Selain itu juga kata dia, waktu pelaksanaan Event Troi (Trip of Indonesia) yang semakin dekat, membuat Dinas Pariwisata semakin ‘injak gas’ dalam segala persiapan yang ada.

Untuk itu ia berharap, saat menggaet kerjasama dan kolaborasi  dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango nanti, pelaksanaan Troi akan meriah, menggemparkan, serta menjadi atraksi Nasional untuk memancing kunjungan wisatawan ke Bolsel dan Bone Bolango.

“Pattern-nya sudah jelas. Para Wisatawan nantinya akan turun di Bandara Gorontalo, singgah untuk bermalam, melewati Bone Bolango dan melanjutkan perjalanan sampai ke Bolsel. Ini lah yang membuat saya optimis, kolaborasi kali ini akan sangat menguntungkan semua pihak,” katanya.

Sekadar informasi, bentuk promosi dan kerjasama pariwisata dengan Dinas Pariwisata Gorontalo dan Bone Bolango sudah mulai dilaksanakan minggu ini. Sebagai bentuk tindak lanjutnya, adalah rencana meeting oleh Dispar Bolsel bersama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango pekan depan. (Holan)

Komentar