oleh

Dinas Ketapang Boltim Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

BOGANINEWS, BOLTIM – Ketersediaan pangan sangat penting disaat kondisi bencana seperti Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Suatu daerah harus menjamin akan pasokan kebutuhan masyarakat.

Seperti halnya Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), selalu memastikan ketersediaan pangan dalam kondisi yang cukup aman.

Kepala Dinas DKP Boltim Ayko Mentemas, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Heny Elvandari Mamonto mengatakan, untuk ketersediaan pangan di Boltim saat ini masih berada pada titik aman dan mencukupi. Tidak ada desa yang mengalami krisis pangan, kecuali desa yang terdampak bencana.

“Meski demikian, kami tetap melakukan berbagai trobosan dan solusi untuk mengantisipasi terhadap terjadinya krisis pangan tersebut. Kita lakukan survey ke daerah yang mengalami krisis pangan, kemudian mendistribusikan pangan dari daerah sentra pangan ke daerah yang mengalami rawan pangan,” jelasnya, saat di konfirmasi via telpon Rabu (9/3/2022).

Pihaknya juga mengimbau, agar masyarakat Boltim bisa berinovasi memfungsikan lahan maupun pekarangan untuk tanaman pangan.

“Masyarakat bisa fungsikan lahan perkarangan, seperti menanam tanaman obat-obatan herbal dan kebutuhan rempah-rempah dapur lainnya. Ini juga bertujuan agar tidak terjadi rawan pangan, dan program desa mandiri pangan bisa terwujud. Semua bisa tercapai dengan adanya kerjasama antara pemerintah desa dan dinas terkait,” terangnya.

Berikut data harga pangan yang ada di Boltim untuk bulan ini.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar