Demi Ketahan Pangan, Pemkab Boltim Usulkan Bibit Jagung ke Kementerian Pertanian 

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Pertanian mengusulkan pengadaan bibit jagung ke Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi, Jumat (11/3/2022) mengatakan, bibit jagung yang diusulkan tersebut, akan di tanam di lahan petani yang tersebar di Kabupaten Boltim. “Dinas Pertanian sudah mengantongi data lahan yang tersedia untuk penanaman jagung sebesar 750 hektar dari para petani. Ini dilakukan bertahap, nanti setelah ada surat permintaan kita usulkan lagi,” jelasnya.

Lanjutnya, bibit jagung yang diusulkan itu adalah varietas hibrida atau benih jagung yang berkualitas. “Bibit jagungnya masuk kategori Bisi dan NK 212. Ini sudah kita usulkan dari bulan yang lalu,” akunya.

Pengusulan pengadaan bibit jagung ke Kementan RI, kata Mat Sunardi, juga merupakan bagian dari program mewujudkan ketahanan pangan. “Selain menyediakan ketersediaan produksi jagung, juga bagian mewujudkan ketahanan pangan Nasional,” ujarnya.

Mat juga berharap, nantinya bantuan bibit jagung tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para petani, jika nantinya sudah terealisasi dan disalurkan. “Kondisi saat ini sangat sulit mendapatkan bibit apapun. Jadi jangan di jual, tapi di tanam sebagaimana dimanfaatkan lahan dan bibitnya,” pintanya.

Reporter Agung

Komentar