oleh

Cepat Tanggap, Bupati Boltim Turunkan Personil Kelokasi Banjir Kecamatan Motongkad

BOGANINEWS, BOLTIM Curah hujan yang terus meningkat belakangan ini, mengakibatkan Sungai Lonsiow Motongkad dan Sungai Molobog, Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), meluap sampai ke pemukiman warga. Rabu (16/2/2022) puluhan rumah tergenang air dengan ketinggian 70 cm sampai 1 meter.
Terinformasi, di lokasi banjir yang ada di Desa Molobog, kendaraan roda empat, dua, bahkan truk tidak dapat melintas. Akibat peristiwa ini, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, segera memerintahkan Sekda, para Asisten, BPBD, Dinsos, agar terus memantau dan berkoordinasi dengan  pemerintah wilayah, agar desa dan rumah warga yang terdampak banjir berat, dapat segera di evakuasi.
“Bupati segera memerintahkan jajarannya melakukan pemantauan dan evakuasi bagi warga yang terdampak banjir di Kecamatan Motongkad,” kata Kepala Dinas Kominfo Boltim, Khaerudin Mamonto.
Lanjutnya, jajaran Pemerintah Daerah yang terdiri dari BPBD, Kesbangpol dan instansi terkait lainnya, juga melakukan identifikasi rumah warga yang terdampak banjir.
“Identifikasi dilakukan agar dapat diketahui tindakan apa yang tepat untuk dilakukan selanjutnya. Pemerintah Daerah berupaya semaksimal mungkin untuk menanggulangi bencana banjir ini,” jelasnya.
Diketahui, sejumlah desa di Kecamatan Motongkad yang terdampak banjir diantaranya, Desa Motongkad Utara, Motongkad Tengah, Motongkad Induk dan Molobog Timur.
Pemerintah juga menghimbau, bagi warga yang tinggal di bantaran sungai, dan pegunungan, agar lebih berhati-hati, juga siap tanggap.
“Masyarakat lebih ekstra hati-hati, melihat memantau kondisi cuaca terutama yang tinggal di pinggiran sungai, dan pegunungan, rawan banjir dan longsor. Segera laporkan ke Pemerintah Desa dan selalu koordinasi perkembangan kondisi masing-masing desa,” imbau Bupati. (Agung)

Komentar