Bupati Bolsel Hadiri Upacara Adat Tulude

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Senin (31/01/2022) malam, menghadiri upacara adat Tulude yang digelar di lapangan Desa Dumagin A, Kecamatan Pinolosian Timur.

Pada upacara adat tersebut, Hi. Iskandar Kamaru menyampaikan, Kabupaten Bolsel memiliki kekayaan etnis, suku dan budaya yang salah satunya adalah upacara adat Tulude.

“Upacara ini merupakan acara sakral yang dilakukan sebagai wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa,” kata Bupati.

Bupati juga mengajak, melalui upacara adat Tulude ini, untuk meninggalkan hal-hal buruk di tahun sebelumnya dan menyongsong harapan baru di depan.

“Mari rubah pola pikir dan tingkah laku yang tidak baik di masa lalu untuk menjadi lebih baik ke depannya,” ajaknya.

Dikatakannya, Tulude ini juga untuk memaknai wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam komunitas yang utuh.

“Ini merupakan suatu kesatuan masyarakat Bolsel yang cinta persatuan, dan menjunjung tinggi nilai toleransi dan nilai luhur budaya daerah,” jelasnya.

Diketahui, turut hadir pada perayaan upacara adat Tulude diantaranya, Sekda Bolsel Marzanzius A. Ohy, para Asisten Sekda, pimpinan OPD, Camat dan para Sangadi se-Kecamatan Pintim, tokoh adat dan tokoh agama, serta warga masyarakat.

Reporter: Holan Botutihe

Komentar