oleh

Pemda Bolsel Gelar Apel Kerja perdana Tahun 2022

BOGANINEWS, BOLSEL Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (3/2/2022) menggelar apel kerja perdana tahun 2022 setelah libur tahun baru, yang dilaksanakan di kompleks halaman perkantoran panango.

Apal kerja tersebut dipimpin langsung Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid.

Bupati Bolsel dalam sambutannya menyampaikan, di tahun 2021 Pemda Bolsel banyak meraih prestasi secara bersama, akan tetapi masih banyak rencana yang tertunda dan belum tercapai. “Semoga segala rencana tahun 2022, terutama bagi saya dan Wabup untuk menjalankan Visi-Misi kami sejak terpilih,” kata Bupati.

Bupati mengatakan, melalui momentum apel perdana ini, Pemda Bolsel akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dengan menganggarkan 100 persen penduduk dan semua tenaga harian lepas, serta seluruh perangkat desa se-kabupaten Bolsel.

“Dengan manfaat terkafernya masyarakat dalam BPJS kesehatan, masyarakat bisa proaktif untuk secara berkala mengecek kepesertaannya masing-masing melalui aparat desa, puskesmas terdekat, dinas sosial, atau kantor BPJS kesehatan yang berada di molibagu,” jelas Bupati.

Selain itu, Pemda Bolsel akan melakukan MOU dengan BPJS ketenagakerjaan untuk kembali mengkafer tenaga kerja ditahun 2022 yang terdiri jaminan bagi petani, nelayan, Sangadi dan Perangkat Desa, Anggota BPD, dan seluruh tenaga harian lepas se-kabupaten Bolsel.

Dikatakannya, Pemda Bolsel juga telah melakukan kerja sama dan menandatangani MoU dengan badan pertanahan Nasional atas kesediaan 1000 sertifikat tanah bagi masyarakat untuk memberikan jaminan hukum atas tanah milik mereka.

Ia juga meminta OPD untuk segerah menyusun Ramencaha Umum Pengadaan (RUP) untuk segerah ditayang melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) tahun 2022. “Segera memproses lelang pengadaan barang dan jasa, juga melaksanakan program perioritas tahun 2022, utamanya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sesuai mekanisme dan tahapan yang ada saat ini,” pinta Bupati.

Bupati berharap, pengelolaan keuangan kembali meraih WTP, sajikan laporan keuangan 2021 dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan aturan. Begitu juga dengan dokumen pertanggungjawaban SPJ Tahun 2021 untuk disiapkan diperiksa dan diteliti kembali serta disimpan dengan baik.

“Semua laporan penyelenggaraan Pemda baik LPPD ILPPD, LAKIP, menjadi perhatian kita bersama dalam memberikan dan menyajikan data data aktual yang menjadi kebutuhan penyusunan laporan tersebut,” pintanya.

Bupati menegaskan, kepada wajib LHKPN dan juga LHKASN segera melaporkan kewajiban masing-masing paling lambat tanggal 5 Januari 2022 dan akan memantau progres pelaksanaan secara berjenjang hingga mencapai 100 persen.

“Untuk para ASN khusus para pegawai negeri sipil saya menekankan untuk lebih meningkatkan disiplin kinerja kalian mengingat telah diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 90 tahun 2021 tentang disiplin PNS, yang tiap-tiap PNS tidak masuk kerja selama 10 hari berturut-turut langsung diberhentikan secara tidak terhormat dari PNS,” tegasnya.

Bupati mengingatkan, selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, juga mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bolsel sudah mencapai 79 persen dan merupakan tertinggi di Kabupaten yang ada di BMR.

Diketahui, apel kerja ini dirangkaikan dengan beberapa agenda diantaranya, launching Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SI-KANDA), Penandatanganan Kesepakatan antara Pemkab Bolsel dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Bolsel tentang optimalisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap Tahun 2022, Penandatanganan MoU antara Pemkab Bolsel dengan BPJS Ketenagakerjaan, Penandatanganan MoU antara Pemkab Bolsel dengan BPJS Kesehatan Tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Turut hadir dalam pelaksanaan apel kerja Sekda Marzanzius A. Ohy, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bolsel, pimpinan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, para Staf Ahli dan Staf Khusus, para Asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah, Sangadi dan jajaran ASN Pemkab Bolsel. (Holan)

Komentar

BERITA LAINNYA