Sachrul Minta Nakes Meningkatkan Akses Kualitas Pelayanan Kesehatan

BOGANINEWS, BOLTIM Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Rabu (8/12/2021) membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Manajemen Mutu Puskesmas, yang digelar di Hotel Quality, manado.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh Kepala Puskesmas beserta tim mutu Puskesmas se Kabupaten Boltim, dengan menghadirkan narasumber dari Kementrian Kesehatan.

Lewat sambutannya, Bupati menjelaskan bahwa, mutu pelayanan kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 18 tahun 2020, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, bahwa arah kebijakan dan strategi pembangunan kesehatan lima tahun kedepan adalah meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, menuju cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC).

Berdasarkan hal itu, peningkatan pelayanan kesehatan dasar menjadi esensial. Hal ini sejalan dengan apa yang diamanatkan oleh WHO, bahwa ada keterkaitan erat antara mutu pelayanan kesehatan dasar dan capaian UHC.

“Amanat WHO dan RPJMN ini dapat dilaksanakan, maka perlu penguatan pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas, sebagi ujung tombak terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan,” kata Bupati.

Lanjutnya, Workshop ini juga bertujuan untuk peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan, terhadap manajemen puskesmas yang baik.

“Melalui workshop ini, Saya juga berharap agar puskesmas dapat membentuk budaya mutu. Yakni dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, baik secara individu dan masyarakat dengan optimal, sesuai standar pelayanan dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini, serta untuk memenuhi hak dan kewajiban pasien,” terang Bupati mengakhiri sambutan.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Sekda Boltim, para Asisten dan Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran selaku penyelenggaran kegiatan. (Agung)

Komentar