oleh

Pemkab Bolmog Dianugerahi Penghargaan dari Kemenkeu RI Atas Capaian Opini WTP

BOGANINEWS, BOLMONGPemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dianugerahi penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI atas keberhasilannya Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2020 dengan Capaian Opini WTP.

Penyerahan penghargaan yang ditandatangani langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada Bupati Bolmong Yasti Soperedjo Mokoagow diwakili Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang, sekaligus dengan penyerahan Dana Transferan ke Daerah Dana Desa Tahun Anggaran 2022 untuk Bolmong di Kantor Keuangan Negara Manado, Jumat, (3/12/2021).

Mewakili Bupati, Tahlis Gallang mengaku bersyukur atas penghargaan yang diberikan hari ini. Menurutnya, reward yang diterima ini, merupakan komitmen pemerintah daerah bersama dengan para stakholder lainnya untuk terus memperbaiki atas pengelolaan keuangan.

“Atas nama Pemerintah daerah, mengucakan terima kasih atas penghargaan yang diterima ini. Prestasi yang diberikan ini tidak lepas kerja keras semua pihak,” ucap Tahlis usai menerima penghargaan itu.

Tahlis pun berharap piagam penghargaan ini bisa menjadi penyemangat sehingga Pemkab Bolmong bisa memperoleh piagam penghargaan di tahun yang akan datang.

“Diharapkan tetap berlanjut di tahun-tahun yang akan datang sehingga Kabupaten Bolmong tetap memperoleh piagam yang sama di tahun depan nanti,” harapnya.

“Alhamdulillah pertama kali bagi Pemkab Bolmong menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas perolehan Opini WTP tahun 2020,” ucapnya lagi.

Untuk diketahui, pada tahun anggaran 2020 lalu, Pemkab Bolmong mampu keluar dari zona merah dan meraih opini WTP dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara.

Upaya yang dilakukan itu sebagai bentuk kerja keras. Salah satunya pemerintah daerah mampu mengurai persoalan aset yang selama ini menjadi kendala dalam meraih opini.

Opini tersebut diterima Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi Ketua DPRD Welty Komaling di kantor BPK RI Perwakilan Sulut di Manado Mei 2021 lalu.

Opini yang diraih ini merupakan pertama kali selama kurun waktu 12 tahun atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

Sebab sebelumnya, Pemkab Bolmong memperoleh Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dua tahun berturut-turut.

Menurut Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, opini ini menunjukkan komitmen semua pihak terhadap peningkatan kualitas laporan keuangan yang dihasilkan.

“Tentu hal ini juga tak terlepas dari sinergi yang efektif terhadap seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD Bolmong dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya,” katanya.

Ia pun berharap agar LKPD tahun berikutnya dapat disajikan secara wajar dan sekaligus memperkokoh terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik.

Pada penyerahan penghargaan itu, bersamaan dengan penyerahan daftar alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa tahun 2022.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw berharap agar pemberian reward ini dapat menjadi motivasi untuk membawa kemajuan bagi pembangunan dan kemajuan di Sulut. (Advertorial)

Komentar

BERITA LAINNYA