oleh

Pemdes Motongkad Selatan, Himbau Para Nelayan dan Penambang Kurangi Aktivitas Saat Musim Penghujan

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes), Motongkad Selatan (Motsel) Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mogondow Timur (Boltim), himbau masyarakatnya yang berprofesi nelayan untuk belum melaut saat kondisi penghujan di bulan Desember.
Himbauan ini, juga sangat di khususkan kepada para pelaku nelayan di pesisir pantai Motongkad, dan para warga yang profesinya sebagai penambang, agar di kondisi cuaca penghujan, tetap berhati-hati dalam beraktivitas.
“Dihimbau kepada masyarakat di musim penghujan ini, agar lebih berhati – hati dalam beraktivitas. Terutama bagi para nelayan, agar selalu melihat kondisi cuaca saat melaut karena rawan diterjang badai. Selain itu, bagi warga yang profesinya penambang karena Motongkad juga masuk lingkar tambang emas, agar jangan dulu melakukan aktivitas di area pertambangan rakyat, karena dengan adanya curah hujan yang meningkat, sangat berpotensi longsor dan banjir,” tegas Sangadi Motsel Ishak damopolii, memalui Sekdes, Lely Analin, Senin (6/12/2021).
Himbauan ni juga tegaskan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boltim, Fitra Damopolii (Sekertaris BPBD). BPBD juga berharap agar masyarakat selalu menginformasi perkembangan kondisi cuaca di daerah.
“Selalu siap siaga dan mencari informasi lewat berita BMKG ataupun pemberitahuan oleh pemerintah dari Badan Penanganan Bencana Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Boltim. Dan jangan lupa selalu membersihkan halaman dan selokan dari sampah, agar kita terhindar dari banjir dan longsor,” tegas Fitra.
Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu berjaga – jaga juga berdoa agar kita di jauhkan dari marabahaya bencana alam. “Mari kita doakan saudara kita yang sekarang terdampak bencana alam.
Seperti di Kabupaten Lumajang erupsi Gunung Semeru, di Jawa Timur pada hari Sabtu 4 Desember pekan lalu, menelan banyak korban jiwa. Jika punya kelebihan salurkan bantuan bagi saudara kita yang terkena bencana di sana. Semoga Tuhan selalu menjaga Kabupaten Boltim dari ujian dan bencana alam,” ujar Fitra menambahkan.
Pemkab Boltim selalu menyerukan dan menghimbau pada masyarakat agar waspada karena cuaca yang tidak menentu. “Hujan dan angin kencang sehingga banyak dampak yang timbul seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang, juga varian penyakit di musim penghujan ini. Tetap jaga imun kesehatan, dan tetap patuhi Protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA