Kadis P3A Sulut Mengunjungi Kabupaten Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM Kepala Dinas (kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr. Devi Kartika Tanos, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Ada beberapa agenda yang akan dilakukan oleh Istri Wakil Gubernur Sulut ini, ketika berada di Boltim. Diantaranya, memantau vaksinasi anak di Desa Buyat. Selain itu, akan mengunjungi dua anak di bawah umur yang menjadi korban kekerasan seksual. Setelah memantau vaksinasi anak, akan ada audiens dengan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto.

Maksud dari Kunker ini adalah Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Wanita. Dalam kunjungannya, Kartika menyempatkan diri mampir ke pantai Baret Tutuyan, Kecamatan Tutuyan, dan bertemu dengan ibu – ibu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Jadi ini adalah kerjasama dari DP3A Provinsi Sulut, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulut dan Bank SulutGo. Kita memberikan bantuan kepada perempuan – perempuan hebat ini, diantaranya pemberian bantuan perempuan yang prasejahtera, kemudian perempuan sebagai kepala rumah tangga, juga perempuan penyintas kekerasan, dan perempuan penyintas bencana,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan memberikan bantuan peralatan dan kemudian mengikuti pelatihan memasak. “Kita berikan bantuan peralatan memasak. Kalau dia mengikuti pelatihan menjahit, kita berikan bantuan peralatan menjahit, seperti itu sesuai dengan pelatihan yang di ikuti,” terangnya.

Kartika juga menyarankan, perempuan – perempuan membuka tabungan agar bisa mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Bagi para perempuan bisa membuka Tabungan Perempuan Hebat Bohusami. Jadi untuk perempuan seperti itu dengan banyak benefitnya antara lain dengan membuka tabungan itu. Mereka bisa mendapatkan kredit usaha rakyat tanpa agunan, mereka membuka rekening dulu dengan saldo rekeningnya hanya lima puluh ribu rupiah. Nantinya dari pihak Bank akan melihat potensi yang ada bagi mereka yang sudah mengikuti pelatihan, dan kemudian usahanya yang sudah berjalan,” paparnya.

Reporter: Agung Mokodompit

 

Komentar