oleh

Bappeda Gelar Rapat Evaluasi Penyusunan Laporan TPB/SDGs

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kotamobagu, sSenin (6/12/2021) menggelar Rapat Evaluasi Penyusunan Laporan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bappeda Kotamobagu, dan dihadiri Bappeda Provinsi Sulut, Kepala Bappeda Kotamobagu Adnan Massinae, serta seluruh dinas/badan.

“Kegiatan tadi adalah monitoring dan evaluasi kegiatan penyusunana laporan TPG. Dimana di dalamnya terdapat 4 pilar, yaitu bidang ekonomi, hukum, lingkungan dan sosial,” kata Adnan Massinae.

Dijelaskannya, didalamnya ada 17 tujuan dengan dan 169 target yang didukung oleh 241 indikator. Secara proforsional berdasarkan sumber daya alam, dalam KLHS jumlah indikator yang di penuhi sebanyak 222, sisanya 19 indikator tidak masuk karena memang tidak di laksanakan oleh Kotamobagu.

“Alasan mengapa tidak dilaksanakan tujuan ke-14 ekosistim kelautan dengan 10 target dan 19 indikator, karena Kotamobagu tidak memiliki lautan sehingga tidak bisa dilaksanakan,” terangnya.

Kegiatan evaluasi TPB/SDGs ini dimaksudkan untuk mendukung berbagai kegiatan yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pencapaian TPB agar sesuai dengan sasaran pembangunan daerah.

“Dari berbagai pengamatan atas perkembangan pencapaian TPB/SDGs dinilai Kota Kotamobagu terus mengalami peningkatan. Pengukuran kemajuannya didasarkan atas beberapa indikator yang telah ditetapkan,” kata dia.

Selain itu kata dia, evaluasi ini dimaksudkan agar sedini mungkin mengidentifikasi setiap permasalahan yang timbul atau akan timbul sehingga dapat diselesaikan secepat mungkin.

“Secara umum, pelaksanaan TPG/SDGs di Kotamobagu berjalan baik, tutur Adnan,”pungkasnya. (*)

Komentar

BERITA LAINNYA