YEAI dan AGC Kanada Berikan Bantuan Fasilitas Pengolahan Emas Tanpa Merkuri

BOGANINEWS, BOLTIM – Masyarakat Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) Desa Tobongon Kecamatan Modayag, Kamis (11/11/2021) menerima fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri dari Yayasan Emas Artisanal Indonesia (YEAI) bekerja sama dengan Artisanal Gold Council (AGC) Kanada, kepada Koperasi Bulawan Sejahtara Mandiri.

Ketua Koperasi Bulawan Sejahtera Mandiri (BSM), Ganitji Mamonto, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak YEAI yang bekerja sama dengan AGC Kanada menyerahkan fasilitas.

“Ini sangat membantu kami. Terima kasih kepada pihak YEAI yang bekerja sama dengan AGC Kanada, telah menyerahkan fasilitas ini. Kami juga bersyukur kepada Pemkab Boltim yang sudah memberi rekomendasi kepada kami menerima fasilitas ini,” ucapnya saat menerima bantuan.

Setelah menerima bantuan fasilitas tersebut, pihak Koperasi BSM mengungkapkan akan memanfaatkan fasilitas ini dengan baik untuk mengelola emas tanpa merkuri. “Kami juga bertanggungjawab untuk mensosialisasikan ke semua koperasi yang ada, agar tidak menggunakan merkuri dalam pengolahan emas, karena itu membahayakan kesehatan dan lingkungan,” katanya.

Saat bersamaan Pihak YEAI mendampingi Pemerintah Daerah meninjau fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri. Country Project Manager Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS), Agni Pratama, mengatakan, keberadaan YEAI bekerja sama dengan Artisanal Gold Council Kanada dan didukung Pemerintah Kanada melalui Global Affair Kanada.

“Ini bertujuan untuk mendukung program kerja pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 21 Tahun 2019 mengenai pengurangan dan penghapusan penggunaan merkuri di wilayah Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK). Kita masih punya waktu untuk memastikan bahwa kita punya cara juga alternatif lain, dalam mendapatkan (mengolah) emas tanpa merkuri,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam aktivitasnya PERS memperkenalkan teknologi pengolahan emas tanpa merkuri dan membangun fasilitas pengolahan di Provinsi Sulawesi Utara dan Kalimantan Tengah, yang salah satunya berada di Desa Tobongon, Kecamatan Modayag.

“Untuk keberlanjutan manfaat dari penggunaan fasilitas pengolahan emas tanpa merkuri ini, PERS telah mendampingi Koperasi Bulawan Sejahtera Mandiri,” ungkapnya. “Kami berharap melalui program ini bisa membantu masyarakat mendapatkan manfaat besar, baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan lingkungan,” tambahnya. (Agung)

Komentar