Pemkab Bolsel Gelar Festival Maleo Gebyar Budaya

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, Jumat (19/11/2021) membuka secara resmi Festival Maleo dan Gebyar Budaya Bolsel 2021 yang digelar di Kawasan Boulevard Pantai Sondana, Kecamatan Bolaang Uki.

Kegiatan Festival Maleo dan Gebyar Budaya ini juga dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey diwakili Karo Ekonomi Provinsi Sulut Hanny Wayong.

Saat membacakan sambutan Gubernur, Hanny Wayong mengapresiasi dan merespon positif kegiatan Pemkab Bolsel demi terwujudnya kelestarian ekosistem, seni budaya, kualitas hidup dan kesejahteraan.

Gubernur juga mengajak semua pihak untuk turut menyemarakkan kegiatan ini, karena pola pariwisata pada era pandemi sudah berubah dan Pemkab Bolsel secara tepat menangkap peluang yang ada.

“Mari tetap menjaga Protokol Kesehatan Covid-19 selama kegiatan, agar tidak terjadi klaster baru penyebaran virus,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru menjelaskan, Bolsel adalah daerah pemekaran yang wilayahnya sebagian masuk Kawasan Teluk Tomini. Selain keanekaragaman biota lautnya, juga dihuni satwa endemik burung Maleo.

“Bolsel saat ini sedang giat-giatnya mempromosikan keberhasilan penangkaran burung Maleo,” kata Bupati.

Saat ini kata Bupati, Bolsel menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki Dokumen Nilai Konservasi Tinggi (NKT). Bupati juga mengatakan, ada beberapa iven yang digelar bersamaan diantaranya Gelar Budaya Bolsel, Lomba Foto, kompetisi Paragliding dan Drag Race.

“Saya minta semua pihak berperan aktif menyukseskan kegiatan ini untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata, dan menjadikan Bolsel sebagai tolok ukur kawasan observasi dan konservasi satwa endemik di Provinsi Sulut,” pinta Bupati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, anggota DPRD Kabupaten Bolsel, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD beserta undangan dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19. (Advertorial)

Komentar