oleh

Kabar Baik, RSUD Kotamobagu Akan Segera Miliki Unit Transfusi Darah Sendiri

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu yang terletak di Kelurahan Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan, terus berupaya meningkatkan sejumlah fasilitas penunjang yang ada.

Salah satu yang lagi diupayakan rumah sakit Pemkot Kotamobagu tersebut adalah sedang mengupayakan meningkatkan level bank darah ke tahap Unit Transfusi Darah (UTD).

Kepala Bagian Administrasi Umum RSUD Kotamobagu Taufan Simbala mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengupayakan bank darah ditingkatkan ke level UTD.

“Hal ini agar pelayanan tidak lagi harus dilakukan di Palang Merah Indonesia (PMI) untuk tranfusi darah,” ujarnya kepada BoganiNews, Rabu 17 November 2021.

Lanjutnya, ada beberapa tahapan dan administrasi untuk memenuhi syarat sebagai UTD.

“Hingga saat ini kami sudah pada tahap proses dan itu terus digenjot. Target kita selesai hingga akhir tahun ini atau secepatnya. Namun sejauh ini sudah mencapai 60-70 persen progresnya,”akunya.

Selain itu kata dia, dengan hadirnya UTD tersebut juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kotamobagu.

Untuk diketahui, bank darah yang sudah dibangun beberapa tahun lalu oleh RSUD Kotamobagu belum bisa melayani transfusi darah atau pengambilan darah secara langsung, namun hanya bisa menyimpan darah. Sehingga itu untuk transfusi darah selama ini masih dilakukan di PMI. (Murli)

Komentar

BERITA LAINNYA