oleh

Dinkes Kotamobagu Dampingi BPJS Kesehatan Terkait Hal ini

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinkes Kotamobagu mendampingi tim dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan, untuk melakukan seleksi dan kredensialing ke sejumlah rumah sakit yang ada di Kotamobagu.

Pendampingan yang dilakukan oleh tim Dinkes kotamobagu kepada BPJS Kesehatan tersebut, berlangsung sejak Kamis 25 November 2021 kemarin sampai dengan Jumat 26 November 2021 hari ini.

Adapun dalam proses seleksi dan kredensialing yang dilakukan tersebut, meliputi beberapa hal yang ada dalam rumah sakit maupun klinik yang ada di Kotamobagu. Dimana, yang pertama adalah kapasitas Sumber Daya Manusia atau SDM yang ada, selanjutnya adalah kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan juga komitmen pelayanan yang ada di rumah sakit maupun klinik yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan.

Diketahui, sejumlah rumah sakit yang dilakukan seleksi dan kradensialing oleh BPJS Kesehatan adalah Rumah Sakit Umum Kinapit Kotamobagu, Klinik Mata Totabuan Kotamobagu, Rumah Sakit Umum Monompia Kotamobagu, dan Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kota Kotamobagu.

Kredensialing merupakan suatu kegiatan dari BPJS Kesehatan untuk melakukan kualifikasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau Fasyankes dengan peninjauan dan penyimpanan data-data Fasyankes berkaitan dengan pelayanan profesinya yang mencakup lisensi, riwayat malpraktek, analisa pola praktek dan sertifikasi; serta proses evaluasi untuk menyetujui atau menolak Fasyankes apakah dapat diikat dalam kerjasama dengan BPJS kesehatan yang penilaiannya didasarkan pada aspek administrasi dan teknis pelayanan. Kredensialing juga dilakukan untuk mengetahui kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS, sehingga peserta dapat dilayani dan tujuan pembangunan kesehatan dapat tercapai. (*)

Komentar

BERITA LAINNYA