oleh

Dikbud Bolmut Gelar Gebyar GIM

BOGANINEWS, BOLMUT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melaksanakan kegiatan gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang laksanakan dilapangan Kembar Boroko.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dikbud Bolmut Sulha Mokodompis. Dikatakannya, literasi sendiri sekarang ini teramat muda untuk dipasangkan dengan kata lain, dalam segmen kehidupan masing-masing. kita mengenal pada konsep 6 literasi yang harus dikuasai yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital dan literasi budaya dan kewargaan.

“Enam kamampuan dasar ini menggambarkan bahwa, literasi bukan sekadar kemampuan membaca dan menulis, akan tetapi dapat menciptakan ekosistem kemandirian hidup,” jelas Sulha, Selasa (30/11/2021).

Lanjutnya, GIM dalam hal ini adalah bagian dari upaya yang dimaksud. Ada hal mendasar dari kegiatan membaca yang bisa bermuara pada transformasi atau perubahan pada hal yang baik.

“GIM adalah kegiatan membangun budaya membaca masyarakat yang dilaksanakan secara lintas sektor dengan melibatkan lembaga swasta, organisasi-organisasi sosial, kemasyarakatan, keagamaan, pemuda, profesi, satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan non formal, taman baca masyarakat, dan forum-forum yang menjadi mitra dinas pendidikan,” terang Sulha.

Terpisah, perencana ahli muda kordinator fungsi tata kelola Dirjen PMPK, Catur Budi Santisa, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut yang telah bersedia melaksanakan kegaitan Gebyar GIM, dalam rangka berkolaborasi dengan Kemendikbud guna meningkatakan dan mengembangkan aktifitas literasiliterasi masyarakat.

“Pencanangan GIM merupakan komitmen pemerintah, bersama pemangku kepentingan pendidikan untuk mewujudkan dan mengembangkan budaya membaca,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Bupati Bolmut Depri Pontoh, Wakil Bupati Amin Lasena, Kapolres Bolmut, Pimpinan OPD, Staf Khusus Bupati, Komunitas TBM, Satuan Paud se-Bolmut. (WaOne)

Komentar

BERITA LAINNYA