Bupati Boltim Buka Bimtek Keamanan Pangan

BOGANINEWS, BOLTIM Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, Kamis (18/11/2021) membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) keamanan pangan bagi pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), bertempat di tempat wisata Cafe Goba’ Molunow Kecamatan Mooat.
Dalam sambutannya Bupati mengatakan, pemenuhan pangan yang aman dan bermutu merupakan hak setiap manusia, tidak terkecuali pangan yang dihasilkan oleh IRTP. Sehingga dalam rangka produksi dan peredaran pangan IRTP, pelaku usaha perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan.
“Selain itu, di Boltim masih ada pelaku usaha yang tidak memiliki izin maupun nomor produksi industri rumah tangga,” kata Bupati.
Untuk itu, dalam rangka pemenuhan standar tersebut kata Bupati, para pelaku usaha yang terkait dengan keamanan pangan wajib diberikan bimbingan teknis.
“Harapan Saya, lewat kegiatan ini para pelaku usaha dapat lebih meningkatkan mutu produk usahanya sesuai dengan standar yang berlaku,” harapnya.
Lanjut Bupati, perhatian pemerintah kepada para pelaku usaha dalam meningkatkan usahanya terus dilakukan. Salah satunya lewat unsur perbankan yakni KUR.
“KUR menyediakan fasilitas pinjaman usaha bagi pelaku usaha mikro dengan bunga kecil. Ini sangat membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis atau usahanya,” jelas Bupati.
Terinformasi, kegiatan ini merupakan program dari Dinkes Boltim, sedangkan narasumber didatangkan langsung dari BPOM Manado. (Agung)

Komentar