Catat! Ini 5 Kebiasaan di Masa Muda yang Berisiko Mengancam Kesehatan

BOGANINEWS, KESEHATAN Kebiasaan buruk di masa muda yang tidak disadari bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Banyak penyakit bisa timbul akibat kebiasaan di masa muda yang sering dilakukan secara terus menerus.

Berikut ini 5 kebiasaan dim as muda yang berisiko bagi kesehatan sebagimana dilansir BoganiNews dalam postingan Instagram @bpjskesehatan_ri, Senin 11 Oktober 2021:

  1. Mager

Sebuah studi oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam Jurnal Lancet Global Helath di tahun 2018 bahkan mengungkapkan, sekitar 1,4 miliar orang berisiko terkena penyakit kronis kurang aktivitas fisik.

  1. Ngemil sebelum tidur

Meskipun sudah makan malam, terkadang rasa lapar masih sering muncul menjelang tidur malam.
Godaan untuk ngemil pun akhirnya ta bia dilawan. Walupun kelihatannya sepele, kebiasaan ini punya dampak buruk bagi kesehatan.

  1. Merokok

Banyak penyakit tidak menular yang berkaitan erat dengan merokok seperti kanker, penyakit jantung, penyakit pernafasan, penyakit paru obstruktif kronik, stroke, penyakit pembuluh dara, dan lainnya.

  1. Begadang

Psikolog Klinis Aurora Lumbantoruan mengungkapkan, pada orang-orang yang kurang tidur, emosinya cenderung meningkat. Sesuatu yang negatif atau stressor (pemicu stress) cenderung ditanggapi dengan berlebihan dibandingkan orang-orang yang cukup tidur

  1. Mengabaikan stres

Kebiasaan tidak mengelola stress dengan baik dapat berakibat pada menurunnya beberapa fungsi organ tubuh. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan daya tahan tubuh jadi menurun, sehingga penyakit akan lebih mudah menyerang.

Itulah beberapa kebiasaan di masa muda yang berisiko bagi kesehatan yang bersumber dari Majalah Info BPJS Kesehatan Ed.97.***

Komentar