Bupati Bolmong Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV

BOGANINEWS, BOLMONG Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon II, III dan IV hasil seleksi jabatan dan mutasi di lingkungan Pemkab Bolmong tahun 2021, bertempat di rumah dinas Bupati Bolmong, Senin (18/10/2021)

Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat ini dipimpin langsung oleh Bupati Bolmong Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, bertempat di rumah dinas Bupati Bolmong.

“Saya selaku pribadi, keluarga serta atas nama Pemkab Bolmong menyampaikan ucapan selamat bertugas dan selamat berkarya kepada ibu-bapak pejabat struktural di lingkungan Pemkab Bolmong yang baru saja dilantik, dengan harapan amanah dan kepercayaan yang diberikan Negara di pundak ibu-bapak dapat dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen, loyalitas, serta tanggungjawab yang tinggi,” harap Yasti dalam sambutannya usai melantik.

Menurut Yasti, hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai, karena perlu dingatkan bahwa konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada Bangsa, Negara, daerah dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu dipertanggungjawabkan kepada Allah Subhana wa taala, tuhan yang maha kuasa.

“Kembali saya ingatkan bahwa pelantikan pejabat struktural pada hari ini, bukan hanya sebagai formalitas pendistribusian jabatan ataupun pengisian jabatan yang lowong, serta bukan sekedar menempatkan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan dan pemberdayaan potensi diri, serta pembenahan, penyegaran dan pemantapan roda organisasi pemerintahan. Sekaligus sebagai bahan evaluasi kinerja ibu-bapak sekalian selama menduduki jabatan yang diemban, dalam rangka peningkatan kompetensi ke arah tercapainya sumber daya aparatur yang handal dan profesional, guna pencapaian visi dan misi pembangunan daerah saat ini,” terang Yasti.

Yasti juga memberikan beberapa pesan dan harapan sekaligus himbauan. Ia meminta setelah pelantikan, para pejabat segera menyesuaikan diri dengan jabatan baru tanpa melepas tanggungjawab pada jabatan sebelumnya, karena masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus diselesaikan dan masih tanggungjawab dari pejabat sebelumnya.

“Saya minta segera laksanakan serah terima aset yang ada di masing-masing perangkat daerah selambat-lambatnya hari selasa besok. Peliharalah dengan baik aset tersebut, agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,” pinta Yasti.

Selain itu, para pejabat yang baru dilantik, diminta untuk tetap menjunjung tinggi loyalitas kepada atasan, terlebih menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati, di bulan Mei tahun 2022 mendatang. “Hal ini penting saya ingatkan, karena akhir- akhir ini terjadi hal-hal yang menyebabkan beberapa pejabat tidak beretika, serta tidak menunjukkan moralitas dan kualitas seorang pejabat struktura, yang dengan sengaja menghancurkan karir dan kepercayaan yang telah diberikan, sehingga merusak citra sebagai aparatur pemerintah,” ungkapnya.

Lanjutnya, pejabat struktural yang ditempatkan pada jabatan baru kali ini, merupakan hasil uji kompetensi, penilaian dan evaluasi atas kinerja pada jabatan sebelumnya, termasuk kesiapan sumber daya manusia pejabat itu sendiri, sehingga diminta agar pejabat yang baru dilantik dapat menunjukkan kualitas kinerjanya. “Jangan hanya menuntut jabatan pada jenjang dan jabatan tertentu, tetapi tidak disertai dengan sumber daya manusia yang kompeten. Dan kembali saya ingatkan bahwa saat ini adalah era kompetensi, bukan mengandalkan kedekatan atau relasi,” tegasnya.

Ia juga kembali mengingatkan, untuk tidak bersikap otoriter, apalagi sampai memotong dan mengambil hak bawahan. “Laporkan kepada saya, apabila ada pejabat yang suka memotong dan mengambil hak bawahan,” kata Yasti.

Yasti juga berharap, para keluarga baik istri maupun suami dari pejabat yang baru dilantik, agar selalu memberikan dukungan dan motivasi, sehingga tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan dapat dipertanggungjawabkan.

Turut hadir pada pelantikan tersebut diantaranya, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Sekda Tahlis Gallang, Asisten I, II, dan III, serta sejumlah pejabat eselon II, lingkup Pemkab Bolmong. (Advertorial)

Berikut ini daftar nama pejabat Eselon II, III dan IV yang dilantik Bupati Bolmong: Klik DISINI

Komentar