Tatong Bara Launching UMKM Center

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, melaunching program pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Center, bertempat di aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Rabu (1/9/2021).

“Tujuan UMKM ini untuk mengontrol dan menghimpun secara baik, mengefaluasi mana UMKM yang maju dan tidak maju dan kemudian kita genjot bersama,” ujar Tatong saat memberikan sambutan.

Tatong Bara menegaskan, bahwa seluruh pejabat eselon dua yang belum mengikuti program ini wajib mengikutinya.

Dijelaskan Tatong, Disituasi pandemi seperti ini, tugas yang dijalankan ini amat sangat tepat. Diperiode sebelumnya sebanyak 3.700 UMKM diberikan izin gratis oleh Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.

“Sebanyak itu kita kontrol, dan Alhamdulillah berkat inovasi yang diciptakan oleh asisten II ibu Sitti Rafiqa Bora ini, Insha Allah mendapatkan informasi yang baik, terutama Perbankkan untuk bisa memberikan akses-akses pendanaan yang baik kepada UMKM yang ada di Kotamobagu,” ujarnya.

Dengan begitu, kata Tatong, untuk perhimpunan ini, tidak ada lagi UMKM di Kotamobagu yang tidak maju, terutama tidak mendapatkan kepercayaan dari Perbankkan.

Selanjutnya, Tatong menyebutkan, untuk Kepala BPKD Sugiarto Yunus, di dalam catatan pemeriksaan BPK masih memberikan kontribusi catatan-catatan tentang pengendalian barang persediaan. Dalam kesempatan kegiatan ini, pak Sugiarto mengambil judul “PusdalBaper”.

“Ini juga saya apresiasi karena sudah lama keinginan ini menjadi suatu kenyataan, dan Alhamdulillah pak Sugiarto Yunus bisa membawa program ini ke tengah pemerintah, dan diharapkan Insha Allah catatan pengendalian barang persediaan akan menjadi minim. Kemudian, kita akan terpusat satu pengendalian dengan rapi, baik, transparan dan terukur,” ujarnya.

Ia berharap, tentunnya UMKM Center ini, mengorganisir untuk dapat mengukur tingkat pertumbuhan atau tingkat kemajuan UMKM yang ada di Kotamobagu. Terlebih, bisa terakses pada pendanaan yang baik, ucapnya.

Diketahui, kegiatan launching UMKM Center tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH., Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag, Sekda Kotamobagu, Ir. Sande Dodo, MT., Asisten II Setda Kotamobagu, Hj. Sitti Rafiqa Bora, Asisten III Sofyan Mokoginta, dan para Kepala OPD Kota Kotamobagu.

Reporter : Murliyanti

Komentar