Kapolda Sulut Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana, meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di wilayah hukum Polres Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (15/09/201).

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana, didampingi beberapa pejabat utama.

Adapun lokasi pelaksanaan vaksinasi massal yang ditinjau Nana Sudjana, diawali di Gerai Vaksin Presisi Desa Mondatong Kecamatan Poigar.

Kemudian dilanjutkan di dua lokasi lainnya yaitu Desa Inobonto Kecamatan Bolaang, dan Desa Pusian Kecamatan Dumoga Timur.

Sebagai bentuk kepedulian, Jenderal dua bintang itu juga memberikan bantuan sosial secara simboli kepada warga terdampak covid-19.

Dalam arahan Kapolda Sulut, peninjauan ini untuk memastikan kegiatan vaksinasi massal di tiap gerai vaksin presisi yang dilaksanakan Polri, TNI, dan Pemerintah Daerah berjalan dengan baik dan lancar.

“Untuk hari ini ada sekitar empat lokasi vaksinasi di Bolmong, dan ada sekitar 2.000 vaksin yang disiapkan untuk masyarakat,” katanya.

Menurut dia, upaya percepatan vaksinasi massal di Bolmong terus digencarkan. Mengingat suntikan vaksin tahap pertama baru mencapai sekitar 15 persen, tahap kedua sekitar 7 persen.

“Percepatan vaksinasi khususnya di wilayah Bolmong akan terus kita tingkatkan, termasuk di daerah yang diterapkan PPKM Level 4 dan Level 3. Sehingga herd immunity atau kekebalan kelompok juga akan cepat tercapai,” ujarnya.

Saat ini, jelas Kapolda, ada tiga kunci utama penanganan pandemi covid-19. Dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) 5M, 3T dan akselerasi vaksinasi massal.

“Disiplin protokol kesehatan 5M itu adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Dan prokes ini wajib dipatuhi masyarakat, meskipun sudah mengikuti vaksinasi covid-19,” imbau Kapolda.

“Sedangkan 3T adalah, Testing, Tracing, dan Treatment. Kemudian kunci ketiga adalah percepatan vaksinasi massal, seperti yang dilaksanakan saat ini,” sambung dia.

Ia menyebutkan, ada empat manfaat vaksinasi. Pertama mencegah kita terkena covid-19, selanjutnya mencegah orang lain terkena corona dari kita. Kemudian ketiga, dapat membantu menghentikan penyebaran virus covid-19 di tempat lain, serta turut menjaga generasi berikutnya.

“Selain itu kami mengajak masyarakat agar terus menggelorakan vaksinasi kepada keluarga, tetangga, teman maupun masyarakat lainnya. Perlu diingat, yang sudah vaksinasi tahap pertama wajib menjalani vaksinasi tahap kedua sesuai waktu yang sudah ditentukan,” pesannya kembali.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut Kapolda Sulut Nana Sudjana, turut didampingi Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu bersama Dandim 1303/Bolmong Letkol Inf R.G. Nasution dan Wakil Bupati Bolmong Yani Ronny Tuuk, serta pejabat lainnya. (**)

Komentar