oleh

Jelang Pilsang Serentak, Perangkat Desa dan Panitia Diminta Netral

BOGANINEWS, BOLMUT Jelang Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak yang akan di helat pada 20 Oktober 2021, maka seluruh aparat desa dan panitia Pilsang, diminta harus mampu bersikap netral.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupatem Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Rekso Binolombangan. Dikatakannya, tahun ini sebanyak 77 desa yang akan menggelar pemilihan Sangadi. Sehingga, DPRD menegaskan kepada seluruh aparat desa dan panitian Pilsang, agar dapat bersikap netral dalam suksesi Pilsang serentak 2021.

“Untuk melahirkan Kepala Desa yang baik, maka jadikanlah Pilsang serentak ini sebagai landasan demokrasi atas mandat politik masyarakat. Apabila ada temua dan laporan dari masyarakat, bahwa ada aparat desa dan panitia pilsang yang mendukung salah satu calon, maka komisi satu akan melakukan pemangilan baik instansi terkait, aparat desa maupun panitia,” tegasnya, Selasa (14/9/2021)

Ia juga berharap, pada Pilsang serentak ini dapat menjaga silahturahmi, baik kekeluargaan, persahabatan dan masyarakat, karena siapapun terpilih pada pilsang tahun 2021 ini, maka ia adalah kepala desa seluruh masyarakat di masing-masing desa. “Para calon silakan berkompetisi, menjual program dan gagasan, namun tetap menjaga hubungan yang baik dan tidak saling menjatuhkan sesama colon Kepala Desa,” pinta Binolombangan.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Dan Masyarakat Desa (DPMD) Bolmut Fadly T. Usup, juga menegaskan, agar aparat desa dan panitia Pilsang harus bersikap netral tidak mendukung salah satu calon Kepala Desa, apalagi hadir melakukan kampanye.

“Jika ditemukan ada aparat dan panitia mendukung calon Sangadi, maka segera laporkan ke Panwas Desa. Nanti Panwas Desa yang akan buat laporan ke Panitia Kabupaten. Panwas Desa itu dibentuk pada Pilsang serentak ini, untuk menerima laporan pelangaran Pilsang tahun 2021,” jelasnya. (WaOne)

Komentar

BERITA LAINNYA