Hindari Para Calo, BPN Boltim Imbau Masyarakat Datang Secara Mandiri Mengurus Sertifikat

BOGANINEWS, BOLTIM – Untuk menghindari para Calo (pihak ke tiga), Kepala Kantor BPN Boltim, Yandri D.R. Rori, S,SiT., M.Si., mengimbau masyarakat agar datang secara mandiri dalam pengurusan sertifikat atau layanan pertanahan lainya.

Hal itu disampaikannya, saat jumpa Pers, bertempat di Caffe Strawberry, Kecamatan Mooat, Rabu (15/9/2021).

“Tentunya ini untuk menghindari pihak ke tiga (Calo) yang mengambil keuntungan dalam pengurusan sertifkat dan pelayanan lainnya. Maka dari itu alangkah baiknya untuk datang sendiri jika ingin mengurus sertifikat atau butuh pelayanan pertanahan lainya,” katanya.

Untuk diketahui Pemkab Boltim menggandeng Kantor Pertanahan Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam rangka Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Yandri mengatakan, pihaknya berusaha untuk melakukan pelayanan yang terpercaya, dan profesional untuk masyarakat yang akan mendaftarkan bidang tanahnya untuk di sertifikatkan.

“Keuntungan untuk datang secara mandiri dalam mengurus sertifikat tanah dan lainya, agar supaya kita bisa membantu sesuai ketentuan, dan masyarakat juga dapat merasakan percepatan pengurusan sertifikat atau pelayanan pertanahan lainya. Dan tentunya dengan biaya yang sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, saat ini pelayanan BPN Boltim, sudah secara digital, dan masyarakat bisa dengan mudah mengecek proses pelayanannya, secara online di aplikasi Sentuh Tanahku.

“Jika masyarakat mendaftarkan bidang tanahnya, kita langsung input pendaftarannya, secara otomatis waktunya juga sudah berjalan dalam aplikasi, agar mereka bisa mengecek proses pengurusan berkasnya sudah valid atau belum, bahkan dalam aplikasi itu mereka juga bisa tahu proses pemberkasannya sudah sampai ke tahap apa,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Boltim, Khaerudin Mamonto menyampaikan, melalui kegiatan tersebut, pihak Pertanahan Boltim, telah menyampaikan secara terbuka untuk tahapan, dan segala prosedur serta terkait pembiayaan untuk mengurus sertifikat atau pelayanan pertanahan lainya.

“Tentunya tujuan dari kegiatan jumpa Pers ini agar media dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang pelayanan publik Kantor pertanahan Boltim, agar masyarakat tahu Kantor Pertanahan Boltim bagaimana melakukan pelayanan secara terbuka dan terpercaya,” ucap Kadis Kominfo Boltim.

Reporter: Agung

Komentar