Curah Hujan Meningkat, Pemdes Loyow Imbau Warga Siap Siaga Bencana Alam

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes), Loyow Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mogondow Timur (Boltim), menghimbau masyarakatnya, untuk tetap mengantisipasi, dan siap siaga bencana alam, seperti banjir dan longsor, dan Gempa Bumi.

Imbauan itu, mengingat intensitas curah hujan yang meningkat akhir-akhir ini.

Dalam imbaun, Pemdes Loyow mengkhususkan kepada para nelayan di pesisir pantai Nuangan, dan para warga yang profesinya sebagai penambang,

“Bagi masyarakat di musim penghujan ini, agar lebih berhati-hati dalam beraktifitas. Terutama bagi para nelayan agar selalu melihat kondisi cuaca saat melaut, ataupun berlayar mencari ikan dengan perahu, rawan diterjang badai,” imbau Sangadi Loyow Tarji Mokoagow, pada masyarakat Selasa (21/9/2021).

Sangadi Loyow Tarji Mokoagow

Selain itu, Tarji Mokoagow meminta bagi warga yang profesinya penambang, agar menghentikan sejenak aktifitas di area pertambangan rakyat.

“Karena dengan adanya curah hujan yang meningkat, sangat berpotensi longsor dan banjir,” tegasnya.

Tarji berharap agar masyarakat selalu menginformasi perkembangan kondisi cuaca di daerah.

“Selalu siap siaga dan mencari informasi lewat berita BMKG, ataupun pemberitahuan oleh pemerintah dari Badan Penaganan Bencana Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (BPDB) Boltim. Dan jangan lupa selalu membersihkan halaman dan selokan dari sampah, agar kita terhindar dari banjir dan longsor,” pinta Sangadi.

Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu berjaga-jaga dan berdoa, agar di jauhkan dari marabahaya bencana alam.

“Mari kita doakan saudara kita yang sekarang, kena dampak dari bencana alam. Jika punya kelebihan salurkan bantuan bagi saudara kita yang terkena bencana banjir, longsor dan gempa bumi, semoga Tuhan selalu menjaga Kabupaten Boltim dari ujian dan bencana alam,” ujar Sangadi.

Hal yang sama disampaikan Camat Nuangan Haslinda Kadengkang. Ia mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Nuangan untuk selalu waspada karena cuaca yang tidak menentu.

“Hujan dan angin kencang sehingga banyak dampak yang timbul seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang, juga varian penyakit di musim penghujan ini. Tetap jaga imun kesehatan, dan tetap patuhi Protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” pintanya.

Reporter: Agung

 

Komentar