Bupati Bolsel Buka Sosialisasi Perbup Tentang Peran Desa Pencegahan Stunting

BOGANINEWS, BOLSEL Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bolsel Ny. Selpian Kamaru-Manoppo, Kamis (02/09/2021) membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa dalam Pencegahan Stunting kepada Tim Penggerak PKK Desa dan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Popodu, Kecamatan Bolaang Uki, yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Bupati dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam Penanganan Stunting.

“Salah satunya adalah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 Tentang Peran Desa dalam Pencegahan Stunting,” terang Bupati.

Bupati menjelaskan, salah satu Prioritas Dana Desa (Dandes) adalah Pencegahan Stunting. “Pemerintah Desa harus mengalokasikan Dana Desa untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi dan mencegah Stunting di Desa,” kata Bupati.

Bupati juga berharap, program kegiatan PKK dapat diintegrasikan dengan program kegiatan Pemerintah Desa dalam pencegahan dan penanganan stunting. KPM juga turut serta memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa, juga mendelegasikan ke Dinas PMD sebagai penanggungjawab dalam membina KPM melalui Pemerintah Desa.

“Saya meminta agar kegiatan ini terlaksana dengan lancar, terbangun kerjasama, koordinasi dan kemitraan yang baik antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, PKK dan KPM,” pinta Bupati.

Ia juga menyampaikan, apresiasi pelaksanaan kegiatan yang sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memperhatikan asupan gizi kepada bayi untuk pencegahan stunting.

“Diingatkan kepada semua pihak, agar pelaksanaan program pencegahan dan penanganan stunting harus terlaksana dengan baik, serta tepat sasaran sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” kata Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Asisten I Ramli Abdul Madjid, Kepala PD, Camat dan Sangadi, TP-PKK, KPM Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo. (Holan)

Komentar