oleh

ASN hingga Para Sangadi di Bolmong Ikuti Tes Rapid Antigen Gratis

BOGANINEWS BOLMONG – Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Honorer, Tenaga Harian Lepas (THL), para Sangadi (Kepala Desa) dan Perangkat Desa di lingkup Pemkab Bolmong, ikuti tes Rapid Antigen gratis.

Tes Rapid Antigen gratis itu digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (14/09/2021).

Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang, menuturkan, pelaksanaan kegiatan itu didasari instruksi Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow.

“Tidak dipungut biaya sepeser pun. Semuanya gratis,” ungkapnya.

Dijelaskan Tahlis, fasilitasi tes gratis itu berdasarkan instruksi Bupati Nomor : 400/02/SETDAKAB/156/IX/2021, tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dan Tes Rapid Antigen Secara Massal Bagi PNS, Honorer/THL, Kepala Desa hingga Perangkat Desa.

Dikatakannya, tehnis pelaksanaan kegiatan itu secara resmi adalah Rabu, 15 September 2021 besok.

“Namun pelaksanaannya sudah dimulai Selasa, dan diikuti sejumlah ASN dari beberapa instansi,” jelas Tahlis.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Bolmong dr. Erman Paputungan mengatakan, tes rapid antigen itu bertujuan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang terjadi saat ini.

“Rapid antigen yang dilakukan ini dengan metode swab atau usap mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan,” ujar Erman.

Proses pemeriksaan yang dimulai dengan mengambil sampel hasil swab hidung dan tenggorokan bisa juga air liur, lanjut Erman, memakan waktu selama 15 menit.

“Jadi fungsi rapid antigen ini untuk mendeteksi adanya antigen penyebab virus COVID-19,” pungkasnya. (**)

Komentar

BERITA LAINNYA