Wali Kota Kotamobagu Tinjau Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Ir. Hj. Tatong Bara meninjau Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kotamobagu, yang terletak di Kelurahan Pobundayan, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Jumat (6/8/2021) pagi tadi.

Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan, Atmawijaya Damopolii, dalam kunjungannya wali kota melihat langsung proses tahapan pengujian kendaraan yang melakukan uji berkala mulai dari tahapan registrasi sampai tahapan akhir kendaraan dinyatakan laik jalan.

“Balai pengujian kendaraan bermotor Dinas perhubungan Kotamobagu yang terletak di jalan DC. Manoppo Kelurahan Pobundayan ini mulai beroperasi sejak Januari 2021, setelah melalui kalibrasi peralatan dan dinyatakan akurat dengan diterbitkannya sertifikat oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI,” kata Alwi yang turut mendampingi wali kota.

Adapun jenis peralatan uji yang dikalibrasi adalah:

  1. Alat uji tingkat suara (sound level )
  2. Alat uji emisi CO
  3. Alat uji lampu utama
  4. Alat uji kincup roda depan
  5. Alat uji berat
  6. Alat uji kegelapan kaca
  7. Alat uji ketebalan asap
  8. Alat uji rem
  9. Alat uji penunjuk kecepatan.

“Syukur Alhamdulillah kesembilan Alat uji diatas dinyatakan akurat oleh kementerian perhubungan dan mendapat akreditasi B,” ucapnya.

Selain meninjau langsung pelaksanaan pengujian wali kota juga meminta Dinas Perhubungan menyusun perencanaan penganggaran untuk kelengkapan fasilitas demi kenyamanan pelayanan pengujian dan menaikkan akreditasi ke A. **

Komentar