Tinjau Gedung RS Boltim, Sachrul : Tempat Ini untuk Isolasi Sementara Pasien Covid-19

BOGANINEWS BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, meninjau langsung Gedung Rumah Sakit Daerah Pratama Boltim, Kamis (12/8/2021).

Diketahui, Rumah Sakit tersebut, akan digunakan sementara, sebagai tempat isolasi terpadu (Isoman) pasien Covid-19.

“Kami meninjau langsung Gedung RS Daerah Boltim, untuk persiapan sebagai isolasi terpadu, bagi pasien Covid-19. Untuk sementara Rumah Sakit ini akan kami fungsikan untuk isolasi pasien Covid-19,” kata Sachrul.

Dikatakan Bupati, Ruangan Rumah Sakit Daerah Pratama akan benahi terlebih dahulu.

“Penting sudah ada perencanaan untuk ditempatkan di sini bagi pasien yang isoman,” terangnya.

Dijelaskannya, Gedung Rumah Sakit Daerah Pratama, hanya diperuntukan bagi pasien yang memiliki gejala ringan.

“Kalau untuk gejala berat, kita akan rujuk ke Rumah Sakit yang lebih lengkap peralatannya. Artinya yang isolasi di sini (rumah sakit) hanya untuk pasien OTG (orang tanpa gejala),” jelasnya.

Pemkab Boltim kata Bupati, serius dalam pengamanan pencehahan penyebaran Covid-19, dan menyiapkan 40 ruangan bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri di Rumah Sakit.

“Rumah sakit ini memiliki 40 bet, yang terbagi di dua ruangan yang besar. Jadi dalam satu ruangan bisa 20 bet. Dan ini juga bisa dikatakan rumah singgah untuk penyembuhan pasien yang bergejala ringan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid SIK., menyampaikan terima kasih, dan apresiasi kepada Pemkab Boltim yang telah membantu penyiapan Gedung Rumah Sakit.

“Operasi yustisi kita terus laksanakan secara terpadu, bersinergi TNI-Polri, pemerintah daerah dan Dinas-dinas terkait kita libatkan semuanya, dan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Kedepanya kami dari kepolisian, TNI, dan Dinas Kesehatan akan di tempatkan di sini, untuk sama-sama melakukan penjagaan dan pengawasan agar proses isolasi itu bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Untuk diketahui, saat meninjau Gedung Rumah Sakit Daerah Pratama, Bupati Sam Sachrul Mamonto, disampingi Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK., Perwira penghubung Kodim 1303 Bolmong, Asisten dan sejumlah kepala SKPD.

Reporter : Agung

Komentar