Tingkatkan Kualitas UMKM di Kotamobagu, Pemkot Bentuk UMKM Center dan Gandeng Pihak Perbankan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Untuk mengembangkan serta meningkatkan peran, dan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kotamobagu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu, mengandeng pihak Perbankan.

“Dalam mengembangkan dan meningkatkan peran serta kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, Pemerintah Kota Kotamobagu membentuk UMKM Center dengan tentunya mengandeng pihak Perbankan yang ada di wilayah Kota Kotamobagu, khususnya dalam membantu pembiayaan bagi para pelaku UMKM,” terang Asisten II Pemerintah Kota Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora, usai pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Center Kota Kotamobagu, Jumat (20/8) pagi.

Menurutnya, dengan adanya UMKM Center ini, maka diharapkan UMKM di Kota Kotamobagu akan semakin maju dan berkembang, mengingat dengan adanya UMKM Center ini, juga akan memberi manfaat bagi para pelaku UMKM di Kota Kotamobagu, termasuk mempermudah dalam akses pembiayaan dari Perbankan.

“Pembentukan UMKM Center Kota Kotamobagu ini mendapat respon yang sangat positif dari pihak Perbankan di Kota Kotamobagu, dimana dengan adanya UMKM Center ini, maka setiap UMKM di Kota Kotamobagu akan terdata dengan baik, sehingga mempermudah bagi pihak Perbankan dalam memberikan bantuan kepada UMKM melalui Program Pemulihan Ekonomi,” terangnya.

Dikatakannya, dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Kotamobagu juga akan dilakukan Memorandum of Understanding dengan pihak perbankan, khususnya yang berkaitan dengan pembiayaan bagi para pelaku UMKM di Kota Kotamobagu.

“Pihak Perbankan yang hadir pada kegiatan ini semua merespon positif UMKM Center Kota Kotamobagu ini, dan pihak Pebankan menyatakan siap melakukan pendampingan dan pelayanan dalam rangka pengembangan UMKM di Kota Kotamobagu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Ir. Sande Dodo, saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Edukasi UMKM Center Kotamobagu mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Kotamobagu dalam rangka meningkatkan peran dan kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, dimana salah satunya melalui pembentukan UMKM Center Kotamobagu.

“Keberadaan UMKM Center Kota Kotamobagu ini menjadi sangat penting dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas UMKM di Kota Kotamobagu, karena dengan adanya UMKM Center ini, maka nantinya akan tersedia database, yang memuat profil dari UMKM, termasuk produk yang dijual oleh setiap pelaku UMKM,” ujarnya.

Sosialisasi dan Edukasi UMKM Center Kota Kotamobagu yang dilaksanakan di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu tersebut, dihadiri perwakilan Perbankan, perwakilan UMKM, serta turut dihadiri para pimpinan OPD yang terkait dengan pendampingan dan pelayanan UMKM Center, yaitu, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu, DMPTSP dan BKPP Kota Kotamobagu. (*)

Komentar