Terima Buku ’76 Penyair Membaca Indonesia’ dari Jamal Rahman Iroth, Sachrul Ucapkan Terimakasih

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, menerima buku Antologi Puisi yang berjudul “76 Penyair Membaca Indonesia”.

Buku Antologi Puisi itu, diserahkan langsung oleh seorang sastrawan putra terbaik Boltim, Jamal Rahman Iroth, yang juga menjabat sebagai Ketua KPU Boltim.

Saat menyerahkan buku itu, Jamal berterima kasih atas kesempatan Bupati Boltim sudah menerima secara langsung buku yang diterbitkan oleh Taman Inspirasi Sastra Indonesia, sebagai panitia penerbitan Buku “76 Penyair Membaca Indonesia”.

“Khusus daerah Boltim merupakan Kabupaten yang pertama buku ini diterima langsung oleh Bupati Sachrul. Secara Nasional buku ini persembahan penyair seluruh Indonesia, dan sudah diserahkan ke Istana Presiden, kemudian di Daerah lainya pada 17 Agustus barusan,” ujar Jamal Selasa (17/8/2021) kemarin.

Ia juga berharap, keikutsertaannya dalam buku itu bisa menjadi sedikit kontribusi di tengah situasi pandemi.

“Saya ingin kita semua tidak berdiam dan pasrah dengan adanya wabah Covid-19, Anak anak mudah harus berinovasi dan punya karya-karya dan berkonstribusi pada NKRI,” pinta Jamal.

Kedepanya, Jamal berharap pemerintah dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan kearsipan Boltim, bisa merespon karya-karya literasi yang dihasilkan oleh para penulis dan kreator di Boltim.

“Harus ada dukungan suport dari pemerintah, minimal mengarsipkannya di perpustakaan Daerah. Sudah ada beberapa buku dan karya-karya literasi digital yang dihasilkan oleh orang Boltim. Dinas harusnya lebih proaktif mendeteksi bahkan mengkoleksi karya-karya tersebut. Melalui Bupati, saya berharap bisa memberi isyarat kepada Dinas Perpustakaan,” harapnya.

Selain itu lanjut Jamal, ada beberapa komunitas Literasi yang sedang tumbuh dan berkembang di Boltim, seperti komunitas Dodoku Literasi, Lotung Literasi, Yobayat Komintan, ada juga komunitas literasi digital Boltim Movement Photography.

“Saya berharap instansi terkait seharusnya mendukung gerakan-gerakan komunitas, dengan mensinergikan programnya, untuk karya putra putri Daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Boltim mengungkapkan rasa bangganya dan ucapan terima kasih, atas karya tersebut yang turut melibatkan salah satu putra daerah Boltim.

“Secara pribadi saya sangat berbangga dengan diterbitkannya buku ini terutama dengan dilibatkan salah satu penyair terbaik dari tanah Boltim, saya juga mengucapkan terima kasih karena dengan diberikannya buku ini, koleksi buku saya bertambah. Kedepanya kita akan cari lagi putra putri yang punya ide inovasi juga karya terbaik, dan kita suport bersama,” ucap Sachrul.

Reporter : Agung

Komentar