Peringati HUT RI ke-76, Pemkab Boltim Kibarkan Bendera di Udara, Bawa Laut, dan Daratan

BOGANINEWS, BOLTIM – Tidak terasa kini Indonesia sudah berumur 76 tahun di tahun 2021, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 telah dikumandangkan proklamasi oleh Presiden pertama Republik Indonesia Sukarno.

Tentunya semua masyarakat bergembira menyambutnya dan merayakan HUT dengan berbagai kegiatan, aka tetapi di masa Pandemi sekarang ini, dibatasi dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Meskipun Pandemi, tidak mengurangi semangat masyarakat dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-76.

Buktinya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar berbagai kegiatan guna memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini.

Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto mengatakan bahwa untuk tahun ini, Pemkab Boltim melakukan pengibaran bendera merah putih di tiga titik berbeda di wilayah Boltim.

“Kemarin saya sendiri juga melakukan penyelaman dalam rangka memgibarkan bendera merah putih bersama 7 orang lainnya dari POSSI di bawah laut, tepatnya di Pantai Patokan desa Jiko, dengan kedalaman 11 meter dibawah permukaan laut,” ujar Sachrul.

Lanjutnya, untuk pengibaran kedua tadi pagi, dilakukan dari ketinggian dengan menggunakan paralayang sebanyak 6 orang dari Tim Nosac North Sulawesi, Tumpa Paragliding dibawah pimpinan instruktur paralayang FASI, Nixon Ray.

“Teman-teman yang melakukan pengibaran dengan paralayang ini melakukan flight plan dari Puncak Baner, Desa Togid dan melakukan pendaratan di Kantor Bupati Boltim, jarak tempuh paralayang tersebut sejauh 7 kilometer dengan terus membentangkan bendera merah putih,” terangnya.

Selanjutnya pengibaran terakhir dilakukan di Lapangan Pondabo, Kecamatan Tutuyan, 17 Agustus tahun 2021 yakni dirangkaikan dengan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 Tahun.

Sachrul mengungkapkan dirinya sangat bersyukur pengibaran bendera merah putih ini berjalan lancar dan aman.

“Alhamdulilah, pengibaran bendera merah putih di 3 titik yang ada di Boltim ini berjalan lancar, hal ini tentu saja membuat saya pribadi dan masyarakat Boltim bangga dikarenakan dalam situasi masih pandemi seperti ini kita masih bisa menunjukan rasa nasionalisme kita dalam rangka HUT Proklamasi RI ke 76,” lanjutnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa di momentum seperti ini, kegiatan dilakukan sebagai bagian dari promosi wisata daerah kita.

“Boltim itu kaya dengan wisata alam yang tak kalah indah dengan daerah lain. Mari jo ka Boltim,” pungkasnya.

Reporter : Agung

Komentar