Kelompok Nelayan di Bolmong Terima Bantuan Alat Pancing Modern

BOGANINEWS, BOLMONG – Kelompok Nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), terima bantuan alat Pancing modern.

Bantuan alat Pancing modern diserahkan secara simbolis pada kegiatan pelatihan penggunaan alat tangkap pancing modern, yang digelar Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Perikanan, bertempat di Pantai Chantika Desa Motabang, Jumat, (20/08/2021)

Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, di dampingi Kadis Perikanan Parman Ginano.

Dalam keterangannya, Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, menuturkan, bantuan alat tangkap pancing modern merupakan program pemerintah daerah, di bawah kepemimpinan Bupati Yasti S Mokoagow.

“Selama ini nelayan tradisional dalam proses penangkapannya, menggunakan alat pancing tradisional, sehingga, pemerintah melalui program, menganggarkan bantuan alat pancing modern untuk digunakan dalam meningkatkan produktifitas perikanan laut,” jelasnya.

Sekda Tahlis Gallang, yang juga sebagai pemateri dalam pelatihan menjelaskan, pengalaman dirinya saat mencoba alat tangkap tradisional menggunakan handline, hingga menggunakan alat pancing modern.

Dari pengalamannya sekda katakan, menggunakan alat pancing modern akan mendapatkan hasil lebih memuaskan, bahkan dalam proses penangkapannya lebih mudah dilakukan, dibanding dengan alat pancing tradisional

Sebagaimana diketahui, Sekda Tahlis Gallang juga membina komunitas pancing Totabuan Angler sangat menguasai alat pancing modern, yang selalu digunakan dalam setiap waktu luangnya diluar jam kerja.

Bahkan dalam uji cobanya, Sekda Tahlis telah menguji bersama dengan nelayan tradisional, dengan alat pancing tradisional yang digunakan, dirinya menggunakan alat pancing modern.

“Saya hanya sendiri, nelayan tradisional empat orang. Saya tantang selama sehari semalam, jika hasil mereka lebih banyak dari hasil tangkapan saya, saya kasih hadiah berupa uang tunai. Tapi buktinya empat orang itu kalah dengan saya menggunakan alat tangkap modern ini. Ini saya lakukan bersama dengan Nelayan Desa Ambang I,” Ungkap Sekda

“Ada beberapa metode teknik memancing dengan menggunakan alat tangkap modern. Ada teknik Trowling, ada teknik Jigging, casting, popping dan bisa juga digunakan untuk dasaran. Kalau saya dan teman-teman mancing sering menggunakan teknik jigging. Semua tergantung dari daerah fishing grond yang tempat kita mancing,” tutur Sekda.

Selain Sekda Tahlis Gallang selaku pembina Totabuan Angler Comunity (TAC), juga DKP Bolmong menghadirkan pemateri lainnya dari komunitas mancing Kuda Tua Bolsel.

Selain alat pancing Modern, DKP Bolmong juga menyerahkan secara simbolis bantuan perahu nelayan kepada Koperasi Perikanan.

Bantuan tersebut diaerahkan langsung oleh Sekda Tahlis Gallang SIP MM didampingi Kadis Perikanan Parman Ginano. Bantuan tersebut dianggarkan oleh daerah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021. (**)

 

Komentar