oleh

Cari Bakat Inovasi Pembangunan Daerah, Pemkab Boltim Gelar BIG Award 2021

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), melaksanaan kegiatan Boltim Innovation Government (BIG), tahun 2021.

Untuk mendapatkan penilaian yang objektif, terhadap inovasi peserta BIG, Bappeda Boltim menghadirkan tiga orang dewan juri, dengan latar belakang yang berbeda.

Ketiga Dewan Juri itu, Hendra Damopolii selaku Staf Khusus Bupati, Rusmin Mamonto perwakilan dari Jurnalis, dan Hendratno Pasambuna dari kalangan akademisi.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappelitbangda Boltim, Iksan Pangalima mengatakan, saat ini pelaksanaan BIG tahun 2021, sudah dalam tahap presentasi inovasi oleh masing-masing peserta.

“Kegiatan BIG Award 2021 adalah lomba inovasi perdana, yang dilaksanakan di Kabupaten Boltim, tujuannya adalah untuk mencari dan melahirkan inovasi-inovasi, yang dapat menunjang program percepatan pembangunan daerah,” ucap Iksan Kamis kemarin (13/8/2021).

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa membawa dampak postif, dan tetap berkelanjutan setiap tahunnya.

Imbuhnya,BIG Award 2021 dilaksanakan untuk mendapatkan pemahaman tentang ruang lingkup inovasi pemerintahan daerah, dalam bentuk inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi daerah lainnya, sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

“Hal ini juga yang akan mendorong perangkat daerah lebih mengedepankan aspek pemanfaatan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan UInformasi (IPTEKIN), serta inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu juri BIG Award 2021 mengatakan, kegiatan BIG Award 2021 ini sangat baik, karena melalui kegiatan itu terlahir ide dan gagasan dari perangkat daerah, dan juga kelompok masyarakat guna menunjang percepatan pembangunan daerah.

“Para peserta yang hadir mampu menyampaikan presentasi hasil inovasi dengan sangat baik. Semua hasil karya peserta baik dari perangkat daerah maupun masyarakat dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan pelayanan public,” kata Rusmin Mamonto.

Senada yang dikatakan Kepala Sub Bidang Litbang Informasi dam Data Bappelitbangda, Darman Matara mengatakan, setelah tahapan presentase, selanjutnya adalah pengumuman pemenang.

“Setelah ini dilakukan rekapitulasi nilai, kemudian tim juri akan memutuskan pemenangnya untuk diumumkan pada tanggal 17 Agustus,” ujar Darman.

Reporter : Agung

Komentar