26 Guru di Kotamobagu Ikuti Pelatihan Calon Kepala Sekolah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Sebanyak 26 guru di wilayah Kota Kotamobagu saat ini sedang mengikuti diklat calon kepala sekolah di Manado.

Menurut Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kotamobagu Kusnandi Pobela, SE, S.Pd, M.Pd, tujuan diklat ini untuk menyiapkan calon kepala sekolah kompetensi yang bersertifikat.

“Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih tiga bulan, yakni dari bulan Agustus sampai Oktober 2021,” ujar Kusnandi, Kamis (12/8/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, untuk sekarang ini menjadi kepala sekolah sudah wajib memiliki kompetensi.

“Aturan dari Kemendikbud mewajibkan semua kepala sekolah memiliki kompetensi yang intinya berkualifikasi, sehingga perlu dilakukan diklat-diklat secara berjenjang seperti ini atau diklat fungsional namanya ini,” kata Kusandi.

Lanjutnya, diklat yang disiapkan Dinas Pendidikan Kota Kotamobagu ini, untuk diklat calon kepala sekolah di TK, SD dan SMP.

“Yang mengikuti diklat ini ada 26, tapi ada 3 mengikuti secara daring,” tuturnya.

Adapun mereka yang mengikuti diklat ini kata dia, adalah guru-guru di Kota Kotamobagu yang sudah memenuhi syarat, dalam hal ini, sudah lulus ujian termasuk seleksi administrasi dan seleksi substansi.

“Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dalam hal ini Ibu kepala Dinas berharap, semoga kegiatan ini bisa melahirkan calon-calon kepala sekolah yang berintegritas dan memiliki visi kedepan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kota Kotamobagu,” harapnya. (Murliyanti)

Komentar