oleh

Mengenang Almarhum Muhtar G. Bonde, Sosok Birokrat Terbaik dari Kemenag

BOGANINEWS, BOLMONGInna lillahi wa inna ilaihi raji’un, berita duka, Kamis (22/7/2021) pagi, telah berpulang ke Rahmatullah, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Drs. Hi Muhtar G. Bonde, MH.

Salah satu sosok birokrat terbaik dari Kementerian Agama (Kemenag) itu, meninggal dunia di usia 54 tahun.

Muhtar Bonde wafat di RSUD Kotamobagu, setelah beberapa waktu dirawat karena terinfeksi virus corona.

Jenazah Muhtar Bonde dimakamkan di Tempat Perkuburan Umum (TPU), Desa Doloduo, pada Kamis (22/7/2021) siang.

Almarhum meninggalkan istri Ramla Bonde, yang dinikahinya pada 10 September 2004 silam, serta meninggalkan seorang anak bernama Ismail Bonde.

Wafatnya Muhtar Bonde meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Bolmong. Pasalnya, Muhtar Bonde selama ini dikenal sebagai sosok yang menjaga integritas, loyalitas dan keikhlasan dalam bekerja sebagai aparatur negara.

Hal ini dibuktikan, di beberapa pertemuan dialog keagamaan yang berhasil dirangkum media ini, Muhtar Bonde sering mengatakan, kerukunan beragama di tengah keberagaman, merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Alokasikan Dana 15,4 Miliar Untuk Keperluan Penanganan Covid-19

Almarhum pada setiap kesempatan semasa hidupnya selalu menyuarakan “Perbedaan suku, agama, maupun ras dan adat bukanlah penghalang dalam memupuk kehidupan yang toleran, harmonis, baik secara internal maupun eksternal”.

Selain itu dalam catatan redaksi, Almarhum sering memberikan pesan terkait modal utama dalam mencapai kehidupan yang harmonis.

Kata-kata Almarhum yang bisa dikenang adalah “tri Kerukunan Umat beragama secara jelas menegaskan kerukunan intern, kerukunan antar umat dan kerukunan umat dengan pemerintah”.

Pemilik nama lengkap Drs. Hi Muhtar G. Bonde, MH., ini lahir di Desa Doloduo, padaa 15 Juni 1967. Bonde diangkat PNS pada 01 Maret 1998.

Di tahun 2002, Muhtar Bonde diangkat sebagai Kepala KUA Kecamatan Dumoga Barat, Bolmong. Di tahun 2004 Almarhum diangkat Kepala KUA Kecamatan Pinolosian, di tahun berikutnya 2005 ia diangkat menjadi Kepala KUA Sang Tombolang, di tahun 2006 ia diangkat sebagai Kepala KUA Dumoga Utara.

Baca Juga:  DLH Boltim Pantau Kualitas Sumber Air

Sepuluh tahun menjadi kepala KUA, di tahun 2011 Muhtar dipercayai menjabat Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmong. Di tahun 2015 ia dipercayai sebagai pembimbing Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara.

Di tahun 2020 Muhtar Bonde dipercayai menjabat Kepala pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bolmong, Provinsi Sulawesi Utara. (BN)

Komentar

BERITA LAINNYA