oleh

Kuasai 4 Bahasa, Mahasiswi Asal Kotamobagu Ini, Terpilih sebagai Duta KSI

BOGANINEWS – Kuasai 4 bahasa asing, Mahasiswi asal Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Cahyani Putri Mondo, berhasil terpilih sebagai Duta Kerja Sama Internasional (DKSI), pada grand final ajang Pemilihan Duta Ilmu Pemerintahan 2020-2021, di Hotel Jolin, Senin (28/6/2021).

Adapun bahasa asing yang dikuasai Cahyani Putri Mondo, yakni, bahasa Mandarin, Inggris, Korea dan Arab.

Ia terpilih pada ajang yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (HIMJIP FISIP) Universitas Muhammadiyah (UnisMuh) Makassar, dengan tema “Menciptakan Generasi Elegan dan Berprestasi Sebagai Student Ambassador Prodi Ilmu Pemerintahan yang Berdaya Saing”.

Cahyani Putri Mondo, yang merupakan Sekretaris Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa (Pikom IMM) Ma’had Al-Birr UnisMuh Makassar, berhasil terpilih dari 11 peserta yang ikut Grand Final.

Mahasiswi Semester Dua Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, UnisMu Makassar ini, adalah satu-satunya yang terpilih untuk wakil mahasiswa di semua kegiatan seputar ilmu pemerintahan, khusuanya dalam menjalin kerja sama pemerintahan internasional.

Atas prestasi yang diraih itu, Cahyani Putri Mondo mengatakan sangat bersyukur terpilih sebagai Duta Kerja Sama Internasional.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dan sangat bahagia karena bisa berpartisipasi serta terpilih sebagai Duta Kerja Sama Internasional dalam ajang ini. Insya Allah saya akan banyak belajar lagi tentang hal baru kedepannya,” ucapnya.

Dikatakannya, tugasnya kedepan, yang pasti menjalin kerja sama dalam skala internasional.

“Apalagi ini kan soal kampus. Jadi, mungkin kalau ada kegiatan yang harus melibatkan kerja sama dengan kampus luar negeri, pastinya saya sebagai duta harus ikut andil,” sambung Puput sapaan akrab, yang diketahui putri sulung dari Gunady Mondo, salah satu wartawan di wilayah Provinsi Sulut itu.

Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Lakukan Ini untuk Tarik Investror

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip UnisMuh Makassar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP., M.Si, menegaskan bahwa Pemilihan Duta Ilmu Pemerintahan akan menjadi corong dan wajah program studi dalam menyebarkan informasi dan publikasi prodi di tengah masyarakat.

Dijelaskan, pemilihan Duta Ilmu Pemerintahan dilaksanakan melalui seleksi ketat dengan aspek penilaian sikap, kecerdasan, good looking, dan pengamalan Al Islam Kemuhammadiyahan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pengamalan dari akreditasi 9 kriteria pada kerangka kegiatan mahasiswa. Saya sangat mengapresiasi upaya dan program dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan (HIMJIP) dan Prodi IlmuPemerintahan. Namun, ini perlu penekanan pada aspek pengamalan al Islam Kemuhammadiyahan sebagai wajah dan laku mahasiswa UnisMuh Makassar,” ungkap Nurhayati, doktor admistrasi publik PPs-UNM, yang juga Korwil Sulawesi dan Indonesia Timur Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AIPPTM) 2019-2023 dan peserta Sandwich di Universitas Ohio USA 2009 ini.

Ketua (HIMJIP) Fisip UnisMuh Makassar Iis Suedi menambahkan, grand final duta pemerintahan adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh HIMJIP, untuk merekrut mahasiswa Ilmu Pemerintahan menjadi icon/ambassador Ilmu pemerintahan.

“Mahasiswa yang terpilih jadi duta ilmu pemerintahan akan menjadi wakil mahasiswa Ilmu Pemerintahan di semua kegiatan seputar ilmu pemerintahan. Perlu juga saya sampaikan, untuk menjadi seorang duta ilmu pemerintahan bukan hal mudah, karena harus memiliki jiwa peduli terhadap sesama, mempuyai etika yang baik, menguasai public speaking secara baik, dan harus berwawasan luas,” pungkas Lis Suedi.

Baca Juga:  Bupati Bolsel Hadiri HUT SMP Momalia ke-33

Terpisah, salah satu Panitia Pemilihan Duta Ilmu Pemerintahan 2020-2021, Siti Nurhaliza Febryna mengatakan bahwa, mereka yang terpilih harus menjadi patokan mahasiswa lain. Mulai dari prestasi dan tata kramanya.

“Selain itu, mereka juga akan dilibatkan dan harus aktif di berbagai lomba sesuai minat dan bakat,” sebut Siti Nurhalizah.

Untuk diketahui, kegiatan Pemilihan Duta Pemerintahan Tahun 2020-2021 ini dimulai 24 -27 Juni 2021, dengan rangkaian kegiatan acara pembekalan 24-27 Juni 2021 di Ruang Kelas Internasional Prodi Ilmu Pemerintahab UnisMuh Makassar, yang diawali pembekalan materi, seputar ilmu pemerintahan dan pengembangan bakat serta prestasi mahasiswa, pelatihan public speaking, serta pelatihan bakat.

Adapun para pemenang adalah:

Best Bostume: Alfira Putri Rengganis.
Best Ferformance: Muh. Jaya Rivaldy.
Best Talent: Fuji Lestari Arsyad.
Duta Kerja Sama Internasional: Cahyani Putri Mondo.
Duta Persahabatan: Hendra Farawamsyah
Duta Kearifan Lokal: Ahmad Hairul Alamsyah
Duta Ilmu Pemerintahan Putra: Lukman Nul Hakim Amdan Saputra
Duta Ilmu Pemerintahan Putri: Nurhaliza
Duta Favorit I, II dan III masing-masing: Asmaul Husna, Asyraf Bayu Saputra, Muh Yusril Syarief.

Pada puncak acara ini turut hadir bintang tamu Komedian Zakaribo., Juri: Siti Ramlah (Duta Pariwisata Barru dimasanya), Aulia Rhmadani Alrief (Pemenang debat Bahasa Tingkat Nasional dan Internasional). (*)

Komentar

BERITA LAINNYA