oleh

Gunakan Koordinat, Pemberian Bantuan Benih ke Petani di Kotamobagu Tepat Sasaran

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kota Kotamobagu, menggunakan titik koordinat dalam memberikan berbagai bantuan benih atau bibit ke para petani.

Tehnik ini dipakai agar bantuan yang diberikan ke petani di wilayah Kota Kotamobagu tepat sasaran, terlebih saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus berupaya memperkuat semua sektor, termasuk sektor pertanian guna membantu petani dalam meningkatkan produksi hasil panen di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Kotamobagu Fenty Dilansandi Mifta, untuk pemberian bantuan benih memakai titik koordinat. Dimana, pelaporannya mulai dari saat tanam hingga panen menggunakan titik koordinat itu.

“Nah titik koordinat ini menggunakan GPS. Kalau dilihat dari udara saja bisa dilihat dengan jelas bahwa ini titik koordinatnya. Selain itu, ini juga seperti aplikasi reporting polygon pemetaan luas lahan yang ditanam,” ungkap Fenti, usai mendapingi Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, saat menyerahkan bantuan benih unggul sayuran daun secara simbolis ke petani yang tersebar di4 kecamatan se Kota Kotamobagu, Kamis (29/7/2021) kemarin.

Dengan begitu kata Fenti, bantuan yang diberikan bisa jelas tepat sasaran.

“Kan yang diharapkan itu bantuan yang diberikan ke petani ini langsung ditanam. Makanya kita gunakan itu agar jelas tepat sasaran. Sembari, pendampingan dan pengawasan tetap kita lakukan,” katanya.

Diketahui, untuk memperkuat sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19, dalam minggu ini saja Pemkot Kotamobagu melalui instansi DPP, sudah dua kali memberikan bantuan bagi para petani, seperti pada tanggal 27 Juli 2021 lalu, yakni pemberian bantuan benih jagung unggul, dan kemarin 29 Juli 2021 kembali diberikan bantuan sayur daun unggul ke petani yang semuanya tersebar di 4 kecamatan se Kota Kotamobagu. Tak hanya itu, direncanakan juga DPP Kota Kotamobagu kembali akan memberikan bantuan benih padi. (St)

Komentar