Bupati Bolsel Jadi Khotib Sholat Idul Adha 1442 Hijriyah

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, Selasa (20/07/2021) melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha 1442 Hijriyah, sekaligus memantau penyembelihan hewan qurban di Masjid Desa Milangodaa Kecamatan Tomini.

Bupati yang bertindak sebagai Khotib, dalam khutbahnya dengan judul “Menjadi Orang Tua Sholeh” berpesan kepada jamaah akan pentingnya menjadi orang tua yang baik, agar dapat mendidik anak menjadi generasi muda baik dan berkualitas. “Didikan orang tua yang baik akan menghasilkan anak yang sholeh, sehingga dapat menjadi harapan dalam keluarga bahkan dalam kehidupan masyarakat,” kata Bupati dalam khutbahnya.

Khotib juga mengajak kepada semua jamaah untuk meneladani keluarga Nabi Ibrahim Alaihis Salam, karena melalui teladannya menunjukkan kepada umat betapa pentingya posisi keluarga dalam membangun sebuah peradaban yang besar.

Selain itu Bupati berharap, untuk menjadikan momen Idul Adha, selayaknya bermuhasabah dan mengintrospeksi diri tentang perjalanan hidup yang sudah dilalui untuk kembali ke fitrah manusia yang tunduk dan taat hanya kepada Sang Maha Segalanya Allah Subhanahu wa ta’ala.

“Semoga dengan semangat hari raya Idul Qurban ini, kita bersama-sama berlepas diri dari segala kekhilafan kita selama ini dan kembali kepada ketetapan Allah Subhanahu wa ta’ala,” pintanya.

Bupati juga menjelaskan panduan untuk berqurban dalam tiga hari Tasyriq ke depan yaitu hewan Qurban yang dapat diqurbankan adalah domba genap berusia 6 bulan, kambing genap usia 1 tahun dan sapi genap usia 2 tahun. “Syaratnya hewan qurban tidak boleh memiliki cacat atau penyakit yang berpengaruh pada dagingnya,” terangnya.

Ia menegaskan, pelaksanaan Qurban harus sesuai Prokes pencegahan Covid-19 mengingat pandemi ini belum berakhir. “kita harus tawaddu’ dan berbaik sangka dengan Sang Khalik. Panitia qurban harus melakukan disinfeksi semua peralatan sebelum dan sesudah penyembelihan dengan menerapkan sistem satu orang petugas satu alat,” tegasnya.

Tegasnya, turut ikut dalam pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 Hijriyah diantaranya, Asisten I, Kepala SKPD, Camat dan Sangadi di Kecamatan Tomini beserta jajaran. (Advertorial)

Komentar