Pemkab Bolmong Minta Warga Dukung PLB Pertamina

BOGANINEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), meminta warga mendukung Program Langit Biru (PLB) Pertamina dengan berorientasi pada bahan bakar minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disdag – ESDM), Ramlah Mokodongan.

“Program ini untuk mengajak masyarakat merasakan langsung penggunaan BBM berkualitas, dalam rangka meciptakan lingkungan dan udara yang bersih serta sehat,” jelasnya.

Dikatakannya, masyarakat Bolmong diajak dapat mendukung PLB ini, agar dapat berkontribusi mengurangi dampak emisi gas buang kendaraan bermotor, demi menjaga kesehatan lingkungan dan dapat menekan polusi udara.

Pemerintah daerah pun mendorong masyarakat agar dapat menggunakan BBM yang berkualitas diangka Research Octane Numer (RON) 90.

Karena ini sesuai dengan spesifikasi mesin modern, ketimbang BBM angka RON 88 kandungan sulfurnya yang tinggi dan tidak sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan modern saat ini.

“Tentu ini sebagai dukungan pemerintah daerah dalam menciptakan udara dan lingkungan yang bersih di Bolmong, sesuai dengan program langit biru pertamina,” jelas Ramlah, Selasa (22/6/2021)

Program edukasi ini, dilaksanakan pertamina sebagai upaya percepatan implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen LH) dalam pengendalian mutu emisi gas buang kendaraan bermotor.

Diterangkan Ramlah, program Nasional ini telah dimulai sejak tahun 2020 lalu, dibeberapa daerah dan mendapat tanggapan baik.

“Kini program langit biru ini dilaksanakan di Sulawesi Utara (Sulut) termaksut di Kabupaten Bolmong dan akan menjadi tanggung jawab bersama. Maka mari kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Ramlah. (BN)

Komentar