Pembangunan Daerah, Sachrul : Harus Didukung Pengelola Keuangan yang Paham

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, mengungkapkan, dalam upaya percepatan pembangunan di daerah, harus didukung dengan sumber daya manusia pengelola keuangan, yang lebih paham sejak awal perencanaan penganggaran.

Untuk mewujudkannya, kata Sachrul, sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan yang dibuat, dan itu berpengaruh pada kualitas pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah.

Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi kegiatan “Penyusunan Standar Harga”, bertempat di Hotel Lagoon, Manado, Rabu (16/6/2021) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan pada peserta, bahwa salah satu tahapan yang terpenting dalam pengelolaan keuangan negara adalah tahap perencanaan.

Pentingnya Kegiatan

Menurut Bupati, kegiatan ini sangat penting, karena adanya standar harga yang sesuai dengan aturan yang berlaku dapat membawa beberapa manfaat, berupa penetapan nilai dalam pengambilan dan penerapan anggaran kegiatan.

“Seperti penetapan plafon anggaran pada saat PPAS, menentukan kewajaran biaya kegiatan, efisiensi anggaran, penentuan anggaran berdasar tolak ukur kinerja yang jelas, mengefektifkan penentuan besaran alokasi anggaran pada kegiatan. Dan penyusunan anggaran menjadi lebih tepat waktu,” terangnya.

Imbuhnya, kegiatan ini juga bertujuan, untuk efektifitas penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 agar manfaat dan kinerja pemerintah nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Peserta Diharapkan Mengikuti Seluruh Tahapan

Di penghujung sambutan Bupati menegaskan agar para peserta dapat mengikuti seluruh tahapan kegiatan dengan serius, dan penuh dengan tanggung jawab.

“Ikuti dan cermati baik baik, kegiatan ini agar dapat terwujud sistem pengelolaan keuangan yang baik, dalam rangka mengelola keuangan daerah secara transparan, ekonomis, efisien, efektif dan akuntabel,” pungkasnya.

Terinformasi kegiatan ini terus berlanjut sampai hari Sabtu pekan ini. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Oskar Manoppo, Wakil Ketua DPRD Boltim, Medy Lensun, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Sony Warokka, Assisten I Setda Boltim, Priyamos, Asisten III Rusmin Mokoagow, dan diikuti 30 peserta dari 25 SKPD lingkup Pemkab Boltim.

Reporter : Agung

Komentar