Melalui Puspaga Bolmong, Calon Pengantin Bisa Dapatkan Pembinaan Pranikah

BOGANINEWS, BOLMONG – Melalui Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dibawah naungan Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), kini bagi calon pengantin bisa mendapatkan pembinaan pranikah.

Hal itu disampaikan, Kasi Kesra Anak DP3A Bolmong, Rahmawaty Gumohung. Ia menuturkan, pembinaan tersebut, sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dan tanggung jawab ketahanan sebuah keluarga, dalam ikatan perwakinan.

“Serta pencegahan banyaknya kasus perceraian, KDRT, risiko produksi, dan pencegahan perkawinan usia dini sebagai komitmen mewujudkan Bolmong Hebat, dan mewujudukan Desa Ramah Perempuan,” jelasnya.

Dijelaskannya, dengan hadirnya Puspaga ini, maka setiap calon pengantin atau pasangan akan mendapatkan arahan petugas Puspaga yang terdiri dari, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, DInas PP dan KB, Disdukcapil dan DP3A Bolmong.

Imbuhnya, pasangan calon pengantin akan diberikan sertifikat dari Puspaga, yang nantinya akan dilampirkan di berkas sebagai salah satu persyaratan untuk pencatatan sipil, baik KUA maupun di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Jadwal Puspaga ini dimulai hari ini Rabu minggu berjalan atau sementara ini satu minggu satu kali,” tuturnya.

Namun kata Rahma, mengingat wilayah Bolmong sangat luas, sehingga yang di kantor DP3A Bolmong melayani wilayah dari Kecamatan Pantura, Lolak, Sangtongbolang, Bolaang, Bolaang Timur, dan Kecamatan Poigar.

“Untuk wilayah Kecamatan Lolayan, Dumoga Bersatu, dan Kecamatan Passi bersatu itu akan dilayani di wilayah masing-masing yang direncanakan di kantor KUA. Tak hanya itu, kita juga menyediakan Call Center yang dapat dihubungi jika ingin melakukan konseling atau melaporkan kasus juga boleh karena ini berlaku untuk Puspaga dan P2TP2A 082334293344 ,” katanya.

Untuk diketahui, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dibawah naungan Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (23/6/2021) hari ini, resmi membuka pelayanan perdana di kantor DP3A Bolmong. (BN)

Komentar