Cegah Covid-19, Sachrul Ajak Masyarakat Ikuti Vaksinasi

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna mencegah dan memutus pandemi Covid-19, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, ajak masyarakat ikuti vaksinasi.

Ia menerangkan, vaksinasi Covi-19, merupakan program pemerintah pusat, melalui Daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Boltim.

“Program Vaksinasi massal ini sesuai dengan arahan pemerintah pusat, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 20 Tahun 2020,” terangnya.

Dijelaskannya, untuk Boltim sendiri, yang menjadi skala prioritas adalah masyarakat yang lanjut usia.

“Kemudian kita lakukan secara massal, dan sekarang berlanjut pada masyarakat umum,” kata Sachrul, saat memimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan Program Nasional Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kabupaten Boltim, di Desa Paret, Kecamatan Kotabunan Selasa (29/6/2021).

Pada kesempatan tersebut, Bupati menegaskan kepada seluruh camat, Kepala Puskesmas di tujuh Kecamatan, agar dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, juga terkait edukasi vaksinasi.

“Kepada camat, Kapus, dan Sangadi agar lebih memperketat, dan tegas kepada masyarakat akan penerapan protokol kesehatan, karena wabah virus ini masih ada,” tegasnya.

Bahkan kata Sachrul, sudah ada varian baru seperti di India yakni Delta.

“Makanya untuk hajatan pesta duka di batasi, dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, guna mengantisipasi munculnya kasus baru di Boltim,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, Indonesia sudah melakukan tahapan dan percepatan penyuntikan vaksinasi kepada masyarakat.

“Makanya untuk pelaksanaan vaksin di Kabupaten Boltim, saya minta agar lebih detail perwilayah, berapa yang sudah tahap satu dan sampe penyuntikan tahap dua, sampe dengan yang belum sama sekali,” tegas Bupati.

Turut pada rapat, Sekda Sonny Warokka, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid, SIK., dari Babinsa TNI, Para Camat, dan Kepala Puskesmas. (Adve)

Komentar