oleh

Butuh Kandang Ayam? Ayo Beli ke Tempat Pak Salihan! Tersedia Berbagai Model

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Ada banyak ide kreatif bisnis yang muncul di masa pandemi Covid-19, ide kreatif usaha ini muncul untuk mengatasi keterbatasan ruang gerak masyarakat selama Covid-19.

Seperti usaha yang dilakoni Salihan Mamonto, Warga Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat, yakni membuat kandang ayam dengan berbagai model.

“Sejak pandemi Covid-19 tahun 2020 saya mencoba membuat kerajian tangan yang berbahan dasar bambu, rotan dan kayu, yang juga merupakan kerajinan tradisional,” katanya Kamis (17/6/2021).

Butuh Kandang Ayam? Ayo Beli ke Tempat Pak Salihan! Tersedia Berbagai Model
Salihan Mamonto saat membuat kandang ayam.

Keahlian Salihan Diperolehnya Sejak Masih Sekolah

Baca Juga:  Bupati Bolsel Lantik Dua Sangadi di Pinteng

Laki-laki usia 55 tahun tersebut, kepada awak media mengaku bahwa keahlian membuat kerajinan tangan ini diperolehnya sejak masih Sekolah.

“Awal membuat anyaman bambu dan rotan serta kandang ayam ini, sejak saya ikut Pramuka dan sempat mengikuti jambore Nasional Pramuka tahun 1981 di Cibucur,” jelasnya.

Diakuinya kandang ayam, kurung dan kodapa banyak diminati oleh warga, bahkan terkadang dirinya seringkali kehabisan stok bahan seperti bambu dan kayu.

“Dalam sehari bisa menyelesaikan 2-3 buah kurung yang berbahan bambu dan untuk kandang ayam yang berbahan kayu bisa 3 hari untuk 1 buah kandang. Untuk harganya mulai dari Rp50 ribu sampai Rp300 ribu, tergantung bahan dan ukuranya,” tandasnya.

Reporter : Mira Manangin

Komentar

BERITA LAINNYA