oleh

Aplikasi Kasda Online Merupakan Komitmen Pemkot Kotamobagu dan BSG

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama Bank Sulut-Go (BSG) mengelar sosialisasi Aplikasi Kas Daerah (Kasda) online kepada Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kotamobagu, di Aula Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Kamis (10/6/2021).

Dalam kesempatanya, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu Sugiarto Yunus mengatakan, pelaksanaan soaialisasi tersebut sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Kotamobagu, BSG dan BPKP perwakilan Sulawesi Utara.

“Penerapan Kasda online ini pada tahun-tahun sebelumnya sudah dilaksanakan dilingkungan Pemkot Kotamobagu akan tetapi fokusnya lebih ke PUD dalam hal ini di BPKD,” kata Sugiarto.

Lanjutnya, aplikasi yang dikembangkan BSG ini merupakan komitmen BSG dalam rangka pembaruan pengelolan keuangan di Kotamobagu.

“Aplikasi ini juga dalam rangka penerapan gerakan non tunai dimana setiap kepala OPD selaku Approfer, kemudian Sekretaris sebagai Caker dan Bendahara sebagai Maker melaksanakan proses keuangan secara online, jadi bisa dari mana saja boleh Approfer dari Handphone,” tuturnya.

Baca Juga:  Oknum Bendahara Desa Diduga Palsukan Tanda Tangan

Sementara itu, Kepala Cabang BSG Kotamobagu Junike Sumawati Paputungan, menuturkan sosialisasi aplikasi Kasda ini bagian dari memenuhi surat edaran Kementrian dalam Negeri nomor 910 tanggal 17 April 2017.

“Dimana mulai pertangal 1 Januari 2018 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota diminta untuk melakukan mengimplementasi transaksi non tunai. Untuk itu BSG selaku rekan permerintah daerah berupaya mendukung dan memberi solusi pengelolahan keuangan daerah salah satunya dengan melalui Aplikasi Kasda online,” terangnya.

Tak hanya itu, Paputungan juga menyampaikan manfaat dari pengunaan Kasda online ini selain dapat mendata transaksi, aplikasi ini juga sudah memiliki tingkat keamanan.

“Aplikasi ini sudah didukung tiga lapis keamanan user, yaitu caker dan approfer9 dari segi waktu aplikasi dapat diakses kapan pun dalam perangkat apapun termasuk PC, Laptop, atau Ponsel yang terkoneksi dengan internet,” tambahnya.

Baca Juga:  Bolsel Bentuk Tim Saber Pengawasan Objek Wisata

Ia berharap, dengan adanya aplikasi ini setiap transaksi dapat dipermudah.

“Semogah aplikasi Kasda Online dapat memberikan kemudahan untuk setiap transaksi non tunai dilingkungan SKPD Pemkot Kotamobagu, Kami pihak BSG memberikan apresiasi kepada Pemkot Kotamobagu yang telah mempercayakan kami sebagai mitra kerja transaksi keuangan daerah, diharapkan kerjasama ini terus terjalin untuk Kotamobagu yang kita cintai bersama,” pungkasnya.

Reporter : Mira Manangin

Komentar

BERITA LAINNYA