81 Desa di Boltim Akan Nikmati Jaringan Bumdes Internet

BOGANINEWS, BOLTIM – Kabar gembira bagi 81 Desa, yang ada di Tujuh Kecamatan se-kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Demi kelancaran jaringan Internet informasi untuk pelayanan kinerja Pemerintah Desa (Pemdes), yang berbasis Information Technology (IT), ada Perusahaan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), untuk pemasangan jaringan internet di pelosok desa.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis), Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Herlina Damopolii, pada media ini Selasa (15/6/2021).

“Iya kemarin ada perusahaan memasukan penawaranya ke kami, untuk kerja sama dengan para Sangadi, dalam hal ini Pemasangan internet. Jadi mereka hanya menyediakan pemasangan jaringan internet, yang nantinya jasa itu akan dikelolah lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDES),” ucap Kadis.

Menurutnya, ini demi kelancaran pelayanan, informasi dan publikasi, kepada masyarakat, terkait semua urusan pemdes, yang sekarang ini lebih mengutamakan jaringan internet, mudah dan cepat.

“Ini perlu juga ada dukungan dari tiap Sangadi. Jika masyarakat ingin kuota data internet dan pulsa, itu belinya lewat BUMDES Internet. Kan lumayan pendapatan yang di dapati oleh desa lewat BUMDES internet,” pintanya.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat perusahaan akan mengundang seluruh Sangadi se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, untuk ikut Sosialisai tentang kerja sama dan tata cara pengelolaan Internet lewat BUMDES.

“Proposal usalan kerja samanya sudah kami terima, namun akan saya sampaikan Pimpinan Pak Bupati terkait ini. Jika usulan permintaan kerja sama perusaan ini di setujui oleh Pemda, secepatnya akan kami dampingi dan jalan kerjasamanya,” ucap Kadis.

Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

Reporter : Agung

Komentar